Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Negeri Jember

Selviatin Soleha, - (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Selviatin Soleha_T20161040.pdf

Download (5MB)

Abstract

Selviatin Soleha, 2020: Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Negeri Jember. Pendidikan Agama Islam tidak hanya diberikan kepada anak normal saja, tetapi juga diberikan kepada anak yang mempunyai kelainan dan kekurangan fisik atau mental. Karena manusia mempunyai hak yang sama dihadapan Allah SWT. Anak tunarungu pada hakikatnya sama seperti anak normal biasanya. Ia juga memiliki potensi-potensi positif yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, dibutuhkan bimbingan dan pendidikan bagi mereka. Bantuan bagi anak tunarungu tidak semata-mata bersifat material saja, namun yang penting adalah bantuan spiritual dan mental. Dalam konteks pendidikan bantuan tersebut dapat berupaya usaha keras guru agar peserta didik dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Negeri Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Negeri Jember?, 3) Bagaimana evaluasi pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Negeri Jember? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan dalam menentukan informan menggunakan puposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini antara lain: 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SLB Negeri Jember yakni menganalisis hari efektif, menyusun silabus, menyusun RPP dan melakukan evaluasi atau penilaian, guru lebih mementingkan adanya ketersediaan alat peraga sebagai media dalam proses pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SLB Negeri Jember adalah lebih menekankan pada aplikasi dan praktiknya secara langsung tentang tata cara dalam melaksanakan whudu’ dengan benda-benda yang kongkrit atau benda nyata, karena mereka memiliki keterbatasan dalam menangkap suatu pembelajaran yang bersifat teoritis selayaknya anak normal. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SLB Negeri Jember adalah dilakukan dengan tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akan tetapi evaluasi pembelajaran lebih diukur dari hasil pengamatan dan praktik secara langsung. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 03:00
Last Modified: 25 May 2022 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item