Pengembangan Kuis Interaktif Berbantu Media Quizizz Untuk Memperkuat Daya Ingat Siswa Kelas VIII Pada Materi Getara, Gelombang, dan Bunyi Di SMP Negeri 8 Jember

Ratnawati, Dewi Mei (2022) Pengembangan Kuis Interaktif Berbantu Media Quizizz Untuk Memperkuat Daya Ingat Siswa Kelas VIII Pada Materi Getara, Gelombang, dan Bunyi Di SMP Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Mei R_T201810052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Daya ingat, Kuis interaktif, Quizizz
Kuis interaktif diartikan sebagai gabungan dari metode ceramah, tanya jawab, dan pengerjaan soal yang dikemas dalam bentuk permainan dengan melibatkan interaksi guru dan siswa baik secara offiline maupun online. Pemberian kuis interaktif merupakan salah satu upaya guru untuk mengulas kembali materi yang sudah disampaikan dalam bentuk pemberian soal. Melalui kegiatan siswa selama mengerjakan kuis diharapkan dapat menggali kembali ingatan siswa dan memperkuat daya ingatnya terkait materi yang sudah dipelajari.
Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mendeskripsikan validitas materi dan media serta respons siswa terhadap pemberian kuis interaktif berbantu media Quizizz untuk memperkuat daya ingat siswa SMP kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Researd And Development (RnD) atau juga disebut dengan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan adalah ADDIE yang mencakup tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), and Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yang terlibat antara lain ahli materi, ahli media, guru IPA, dan 32 siswa kelas VIII SMPN 8 Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi, media, dan pengguna atau guru IPA menujukkan hasil yang sama yaitu 92% dengan kategori sangat valid. Respons siswa sebesar 82% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil respons siswa tersebut terdapat komentar positif dan negatif siswa terhadap prosduk yang dihasilkan. Adapun komentar positif siswa adalah Quizizz menarik, kuis mampu memperkuat daya ingat terhadap materi, hemat kuota, terdapat fitur lagu,, tampilan seperti game, terdapat jawaban benar yang dimunculkan di setiap selesai mengerjakan soal, terdapat ranking siswa berdasarkan skor pengerjaan dan terdapat meme. Sedangkan komentar negatif siswa berupa soal sebaiknya dibuat pilihan ganda saja, waktu pengerjaan soal disesuaikan dengan kesulitan materi, kuis tidak bisa dikerjakan apabila belum belajar materi terlebih dahulu, membutuhkan koneksi internet yang stabil, meme menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan perolehan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan produk berupa kuis interaktf berbantuan media Quizizz menarik bagi siswa dan layak digunakan untuk memperkuat daya ingat siswa pada pembelajaran IPA SMP kelas VIII materi getaran, gelombang, dan bunyi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Dewi Mei Ratnawati
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:47
Last Modified: 25 Apr 2022 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item