PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU INSPIRATIF

Windariyah, Devi Suci (2021) PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU INSPIRATIF. In: PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU INSPIRATIF. Penerbit Adab CV Adanu Abimata, Jawa Barat, pp. 39-50. ISBN 978-623-5687-64-3

[img] Text
PTK UNTUK GURU INSPIRATIF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik dan pengajar akan tetapi seorang guru juga dituntut untuk melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pengembangan profesi guru yang dapat diterapkan secara nyata pada proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Karena tujuan utama dari pengembangan profesi bukan hanya dibuktikan dengan pemerolehan Sertifikat Pendidik yang dimiliki oleh guru akan tetapi melihat kesesuaian pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga menjadi prioritas pengembangan profesi oleh guru karena dengan melaksanakan PTK selain menjawab permasalahan-permasalahan yang ditemui pada proses belajar mengajar, PTK dapat dipublikasikan dalam tiga bentuk karya ilmiah, yaitu: buku, artikel pada jurnal dan laporan penelitian. Oleh karena itu PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Item Type: Book Section
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Devi Suci Windariyah
Date Deposited: 27 Apr 2022 21:14
Last Modified: 27 Apr 2022 21:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item