Ahmad, Ahmad zainul hasan (2022) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH KARANGHARJO SILO JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
TESIS AHMAD ZAINUL HASAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Zainul Hasan 2021, Dengan Judul: Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah
Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kineja Tenaga Pendidik Di Madrasah
Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember”.
Kata Kunci : Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor.
Kepala sekolah memiliki peran kepemimpinan yang sangat mempengaruhi kinerja guru,
kepala madrasah sebagai supervisor dengan mengarahkan dan membimbing tenaga pendidik
pada saat kesusahan dalam proses pembelajaran. Kinerja gurunya cukup baik seperti ketika
mengajar dikelas para guru kurang menggunakn media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala Madrasah Sebagai Supervisor di
Madrasah Aliyah Karangharjo Silo Jember.
Fokus penelitian : 1. Bagaimana perilaku kepala madrasah dalam perencanaan,
pelaksanaan dan Evaluasi program supervisi Perangkat Belajar mengajar dalam meningkatkan
kinerja tenaga pendidik Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mendiskripsikan dan
menganalisis perilaku kepala madrasah dalam perencanaan pelaksanaan dan Evaluasi program
supervisi Perangkat Belajar Mengajar dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik Di
Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus. Teknik
pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi
terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif
Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2)
Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data
menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada tiga yaitu
triangulasi sumber, triangulasi metode
Hasil penelitian 1). Perilaku kepala madrasah dalam merencanakan program supervisi
dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik yaitu perencanaan pada Penyusunan Program
Supervisi kelas dalam peningkatan Kinerja Guru serta Pengembangan Kompetensi Guru yang
berkaitan dengan KBM dan tugas pekerjaan para guru. Mewajibkan guru menyusun perangkat
pembelajaran (RPP) K13, mengoptimalkan potensi madrasah meliputi PKG atau supervisi kelas,
MGMP, Pelatihan atau Bimtek, Geram, Gelem, Gemes, Gefa dan Gemi, Pembagian tugas
yang jelas masing-masing personalia agar tercampainya supervisi kelas yang baik, 2).
Perilaku kepala madrasah dalam Pelaksanaan program supervisi yaitu membuat jadwal
supervisi setiap semester serta memberikan bimbingan dan latihan terhadap para guru dan
program yang sudah ditentukan meliputi PKG atau supervisi kelas, MGMP, Pelatihan atau
Bimtek, Kepala madarasah mengawasi dan memberi pengarahan kegiatan supervisi kelas dan
mengecek perangkat belajar mengajar seperti RPP, Silabus, Prota Promes dan lainya, mampu
menciptakan suasana kinerja guru di ruang yang nyaman, Menegakan disiplin Guru sehingga
pembelajaran selalu berjalan secara efektif 3). Perilaku kepala madrasah dalam Evaluasi yaitu
Kepala madrasah melakukan evaluasi dengan cara Supervisi kelas dan penilaian kinerja
terhadap seluruh guru di setiap akhir semester, melakukan aktivitas pembinaan yang
terencana, meliputi supervisi kelas dan penilaian kinerja guru, memberi keterbukaan terhadap
masukan dan saran sesuai dengan kriteria yang diharapkan dan memberikan solusi bila ada
hambatan-hambatan yang dirasakan oleh guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Depositing User: | AHMAD ZAINUL AHMAD ZAINUL HASAN |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 07:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5827 |
Actions (login required)
View Item |