Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika ditinjau dari Tingkat Kognitif Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Jember.

Ayu Chinintya Lestari, - (2021) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika ditinjau dari Tingkat Kognitif Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Ayu Chinintya Lestari_T20177063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ayu Chinintya Lestari, 2021: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika ditinjau dari Tingkat Kognitif Siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Jember. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Masalah Literasi Matematika, Tingkat Kognitif Hasil PISA pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-72 dari 79 negara. Dari fakta tersebut menandakan bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan yang sangat rendah dalam menyelesaikan masalah literasi matematika, dan salah satu faktor utamanya adalah kesalahan yang dilakukan siswa pada proses penyelesaian masalah. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika berdasarkan indikator kesalahan sesuai tingkat kognitif yang dimiliki siswa untuk mendesain pembelajaran yang menekankan literasi matematika. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kesalahan siswa yang memiliki kognitif tinggi dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember ? 2) Bagaimana kesalahan siswa yang memiliki kognitif sedang dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember ? 3) Bagaimana kesalahan siswa yang memiliki kognitif rendah dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember ?Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kesalahan siswa yang memiliki tingkat kognitif tinggi dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember 2) Mendeskripsikan kesalahan siswa yang memiliki tingkat kognitif sedang dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember 3) Mendeskripsikan kesalahan siswa yang memiliki tingkat kognitif rendah dalam menyelesaikan masalah literasi matematika di MTs Negeri 1 Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 3 siswa kelas IX di MTs Negeri 1 jember yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi secara online. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kesalahan Newman dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi metode atau teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesalahan siswa MTs Negeri 1 Jember yang memliki tingkat kognitif tinggi (S1) melakukan kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir dalam menyelesaikan masalah literasi matematika; 2) Subjek yang memiliki tingkat kognitif sedang (S2) melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir dalam menyelesaikan masalah literasi matematika; 3) Subjek yang memiliki tingkat kognitif rendah (S3) memenuhi semua indikator kesalahan Newman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:27
Last Modified: 25 Apr 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5837

Actions (login required)

View Item View Item