Implementasi Pembiasaan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember.

WARDATUL FIRDAUSA, - (2021) Implementasi Pembiasaan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember. Undergraduate thesis, Sarjana Pendidikan Agama Islam (S.Pd.) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
WARDATUL FIRDAUSA_084 141 176.pdf

Download (16MB)

Abstract

Wardatul Firdausa, 2021: Implementasi Pembiasaan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember. Pembiasaan adalah suatu tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahulu dan berlaku begitu saja tanpa dipikirkan lagi. Dengan pembiasaan pendidikan memberikan kesempatan kepada peserta didik terbiasa mengamalkan ajaran agamanya, baik secara individual maupun secara berkelompok dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan kebiasaan yang baik tidaklah mudah, sering memakan waktu yang panjang. Tetapi bila sudah membudaya kebiasaan itu sulit pula untuk mengubahnya. Fokus penelitian dalam skrispsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembiasaan Akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al Baitul Amin Jember Tahun Ajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana penerapan pembiasaan Ibadah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al Baitul Amin Jember Tahun Ajaran 2020/202021? Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan pembiasaan akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al Baitul Amin Jember tahun ajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan penerapan pembiasaan ibadah dalam pemblajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Al Baitul Amin Jember tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model pemikiran Miles and Huberman and Saldana, yang terdiri dari data collection, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembiasaan akhlak dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember dilakukan sejak dini dan dilakukan secara kolektif semua masyarakat sekolah hingga keluarga peserta didik ketika di rumah, dimulai dari salim salam dan mencium tangan pendidik hingga menerapkan rasa kasih sayang antara pendidik, peserta didik dan orangtua. 2) pembiasaan ibadah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diSekolah Dasar Al-Baitul Amin Jember sebelum sholat peserta didik melakukan pembiasaan berdzikir, melantunkan sholawat seperti sholawat nariyah, sholawat tibbil qulub dan semacamnya, serta taqriran untuk mengingat hafalanhafalan seperti menghafal juz amma, dan penguatan hafalan Al-Qur’an. Hal tersebut merupakan efek penanaman spiritusl jiwa peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:28
Last Modified: 25 Apr 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item