Analisis Kesesuaian Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013 SMP/MTs Berdasarkan Standar BSNP.

Nofia Puspita Sari, - (2021) Analisis Kesesuaian Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013 SMP/MTs Berdasarkan Standar BSNP. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Nofia Puspita Sari_T201610034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Analisis Kesesuaian Buku TeksNofia Puspita Sari, 2020: Analisis Kesesuaian Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013 SMP/MTs Berdasarkan Standar BSNP. Kata Kunci: Kesesuaian materi, Buku teks, Analisis. Buku teks yang baik menurut BSNP adalah yang memenuhi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan fakta yang ada di lapangan menunjukkan bahwa buku teks yang digunakan sekolah masih banyak yang belum memenuhi kriteria BSNP, tujuan kurikulum aspek kebutuhan dalam isi buku. Analisis buku ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah ketidaksesuaian aspek tersebut. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tingkat kesesuaian materi dengan KI dan KD pada buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP? 2) bagaimana tingkat penyajian materi pada buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP? 3) Bagaimana tingkat kegrafikan buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP? 4) Bagaimana tungkat keterbacaan buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasrkan BSNP? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi dengan KI dan KD pada buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat penyajian materi buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat kegrafikan buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP. 4) Untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks IPA SMP Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 berdasarkan BSNP. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan analisis yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi penyidik. Penyidik penelitian ini, diantaranya 4 dosen Tadris IPA IAIN Jember, 1 guru, 1 teman sejawat, dan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks IPA Terpadu Kelas VII SMP/MTs yang diterbitkan oleh Erlangga dalam Kurikulum 2013 adalah 91,1%. Tingkat kesesuaian materi buku teks dengan KI dan KD adalah 86,45%. Tingkat kesesuaian penyajian materi adalah 93,38%. Tingkat kesesuaian kegrafikan adalah 94,47%. Tingkat keterbacaan sesuai kelas VII. Sehingga buku ini layak digunakan untuk siswa SMP kelas VII dengan kategori sangat sesuai.Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Kurikulum 2013 SMP/MTs Berdasarkan Standar BSNP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:28
Last Modified: 25 Apr 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item