Internalisasi nilai-nilai pancasila pada pembelajaran Tematik integratif di era covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel

RISMA DWI HIDAYATI, - (2021) Internalisasi nilai-nilai pancasila pada pembelajaran Tematik integratif di era covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah.

[img] Text
RISMA DWI HIDAYAT_T20164033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Risma Dwi Hidayati, 2021:Internalisasi nilai-nilai pancasila pada pembelajaran Tematik integratif di era covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel Internalisasi Nilai-nilai Pancasila adalah penanaman perilaku, sikap, dan nilai seseorang yang didapatkanya melalaui proses pembinaan, belajar, dan bimbingan dalam proses pembelajaran di MIMA 23 Sunan Ampel yang sesuai dengan kelima sila Pancasila. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pancasila pada Pembelajaran Tematik Integratif di Era Covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel Sabrang Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 2) Apa kendala-kendala dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila pada Pembelajaran Tematik Integratif di Era Covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel Sabrang Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020 ? 3) Bagaimana upaya guru dalam menangani kendala Internalisasi Nilai-nilai Pancasila pada PembelajaranTematikIntegratif di Era Covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel Sabrang Ambulu Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pancasila, Apa kendala-kendala dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila, dan upaya guru dalam menangani kendala-kendala Internalisasi Nilainilai Pancasila pada pembelajaran Tematik Integratif di Era Covid-19 di MIMA 23 SunanAmpel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberlman, dan Saldana yaitu Kondensasi data (Data Condensation), Penyajian data (Data Display), dan Kesimpulan (Conclusion. Dan untuk mengetahui keabsahan data dilakukan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran tematik Integratif di era Covid-19 di MIMA 23 Sunan Ampel terlaksana dengan proses dan upaya guru seperti, membiasakan peserta didik seperti pembiasaan kepada siswa agar memiliki sifat disiplin, dengan dibuktikan melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam sehari-hari salah satunya dengan melakukan kegiatan saling bekerja sama dalam belajar kelompok dan saling membantu sesama teman tanpa membeda-bedakan suku, ras, dan agama. 2) Kendala- kendala pada saat proses Internalisasi Nilai- nilai Pancasila berlangsung deangan Keterbatasan media pembelajaran terutama hp android, keterbatasan kuota internet dan jaringan, Perserta didikkurang fokus saat belajar karena dengan kondisi yang kurang kondusif, dan kurangnya waktu belajar menjadi proses Internalisasi Nilai-nilai Pncasila pada saat pembelajaran kurang maksimal. Faktorl ingkungan yang menjadi kurangnya kesadaran siswa yang hiperaktif akan pentingnya Nilai-nilai Pancasila.,kurangnya dampingan dari orang tua yang kurang maksimal karena mengingat latarbelakng pendidikan orang tua underestimate. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk menangani kendala-kendala dalam dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran tematik viii integratif di Era Covid-19 bahwa, a) Guru berusaha melakukan pendekatan dengan siswa dan memberikan keteladanan kepada semua warga sekolah. b) Memanfaatkan waktu seoptimal mungkin agar tujuan pembelajaran tercapai dan berjalan lancar. c) Berkaitan dengan keterbatasan media mengganti media lain agar pelaksanaan pembelajaran tetap berjalan dengan optimal. d) Menciptakan suasana kelas yang kondusif dan melakukan interaksi yang baik dengan siswa. e) Guru berusaha mengajarkan sikap disiplin, terutama disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dengan dibuktikan selalu memakai masker, dan selalu mencuci tangan ketika selesai pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:05
Last Modified: 26 Apr 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item