Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Kreatif Demgam Pasir Di Kelompok A Raudhatul Athfal Abu Bakar As-Siddiqi Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

DINDA IRANI JULIA PRATIWI, - (2020) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Kreatif Demgam Pasir Di Kelompok A Raudhatul Athfal Abu Bakar As-Siddiqi Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
DINDA IRANI JULIA PRATIWI_T20165072.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dinda Irani julia Pratiwi 2020: Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Kreatif Demgam Pasir Di Kelompok A Raudhatul Athfal Abu Bakar As-Siddiqi Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Perkembangan motorik merupakan aspek perilaku motorik dan kontrol motorik yang terkait dengan perubahan performans motorik sepanjang rentang kehidupan. Perkembangan motorik meliputi: pertama perkembangnan kemampuan gerakan yang esensial dan kedua penguasaan keterampilan gerak. Perkembangan motorik adalah perubahan progresif dalam perilaku motorik sebagai akibat interaksi antara faktor-faktor biologis (kematangan) dan pengalaman dalam siklus kehidupan manusia. Motorik halus adalah gerakan yang melibatkan bagian-bagian tuubuh terentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Pasir merupakan permainan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungannya. Permainan ini dilakukan anak untuk mengembangkan ide-ide yang ada dalam otak untuk menciptakan sesuatu yang mereka bayangkan. Permainan ini sangat menyenangkan hati dan membuat anak terhibur dikala mereka bermain, semua kreativitas dan informasi yang dilihat dengan mata dapat mereka tuangkan secara keseluruhan tanpa mereka sadari. Fokus penelitian: (1) Bagaimana pelaksanaan bermain kreatif menggunakan pasir dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini pada kelompok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As Shiddiqi Jember tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana proses meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui indikator Menjumput, Membentuk dan Mencetak pada kelomopok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As Shiddiqi Jember tahun pelajaran 2019/2020? Maka tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan bermain kreatif dengan pasir dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini pada kelompok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As Shiddiqi Jember tahun pelajaran 2019/2020 ? (2) Mendeskripsikan peningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui indikator Menjumput, Membentuk dan Mencetak pada kelomopok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As Shiddiqi Jember tahun pelajaran 2019/2020? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, (1). Pelaksanaan bermain kreatif dengan pasir dapat meningkatkan motorik halus anak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As-Shiddiqi Jember yang terlihat bagaimana pelaksanaan bermain kreatif dengan pasir dapat dilakukan siswa dengan senang dan antusias. Hasil yang diperoleh dari kegiatan menjumput, membentuk dan mencetak dapat terbentuk dengan bentuk-bentuk unik yang diperoleh dari jari-jari tangan siswa itu sendiri.(2) Proses peningkatan kemampuan motorik halus anak digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix usia dini melalui indikator menjumput, membentuk dan mencetak pada kelompok A di Raudhatul Athfal Abu Bakar As-Shiddiqi Jember yang dari proses kegiatan keterampilan anak dalam melatih pergerakan tangan dan otot-otot kecil pada anak agar terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan kecil dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu dari hasil perkembangan dapat terlihat dari hari 1 s.d 3 peningkatan perkembangan dengan indicator menjumput, membentuk dan mencetak meningkat setiap harinya. Dan di hari ketiga tidak anak yang masih belum berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:21
Last Modified: 26 Apr 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item