Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Contextual Teaching and Learning kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Kecamatan Panti

Rahmawati, Nika (2022) Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Contextual Teaching and Learning kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Kecamatan Panti. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nika Hadiya Rahawati_0849418008.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Nika Hadiya Rahmawati, 2022. Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Contextual Teaching And Learning Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Kecamatan Panti. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Mashudi, M.Pd., Pembimbing II :Dr. Andi Suhardi, M. Pd.

Kata Kunci : Pengembangan buku ajar tematik, kontekstual
Pembelajaran tematik diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Peran aktif yang dimiliki peserta didik MI Raudlatul Ulum Glagahwero masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh bahan ajar yang kurang menarik minat belajar peserta didik. Maka, perlu adanya pengembangan bahan ajar pendamping yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa serta lingkungan tempat tinggal siswademi meningkatkan mutu pembelajaran.
Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah (1) Menganalisis validitas buku ajar berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) tema “Bermain di Lingkunganku“ untuk kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Panti. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar berbasis kontekstual pada tema “Bermain di Lingkunganku“ untuk kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Panti.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development model ADDIE yang terbagi menjadi 5 langkah, yaitu : 1) Analysis,2) Design,3) Development, 4) Implementation,5) dan Evaluation. Subyek penelitian produk yaitu ahli bidang meteri tematik, ahli desain dan ahli bahasa untuk menguji kevalidan produkserta peserta didik kelas II MI Raudlatul Ulum Glgahwero. Uji kemenarikan menggunakan angket dan uji efektifitas bahan ajar menggunakan uji pre-test dan post-test.
Hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli materi 87,77%, validasi ahli bahasa 76%, dan validasi ahli desain 87, 69 %. Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, maka diperoleh tingkat validitas produk dari ketiga validator rata-rata 83,8 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbasis CTL berada pada kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji efektifitas buku ajar tematik diperoleh dari hasil belajar siswa yang diambil pada awal sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah menggunakan buku ajar (post-test). Berdasarkan uji N-gain Score menunjukkan bahwa, nilai rata-rata N-gain scor adalah 0,3172 termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai N-gain score minimal -0,6 dan score maksimal 0,75. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa efektifitas buku ajar berbasis CTL berada pada kategori sedang untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema “Bermain di Lingkunganku” di Madrasah Ibtidaiah Raudlatul Ulum Glagahwero Kecamatan Panti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Mam Nika Hadiya Rahmawati
Date Deposited: 26 Apr 2022 08:16
Last Modified: 26 Apr 2022 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item