Pemanfaatan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

Feni Nur Oktavia Indana, - (2021) Pemanfaatan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Feni Nur Oktavia Indana_T20171038.pdf

Download (10MB)

Abstract

Feni Nur Oktavia Indana, 2021: Pemanfaatan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Kata kunci: Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Unit Kegiatan Belajar Mandiri termasuk kategori bahan ajar yang disiapkan dalam bentuk kertas yang sudah tersusun rapi dan dibuat sendiri oleh setiap guru mata pelajaran secara mandiri untuk memenuhi pembelajaran siswa dalam implementasi SKS. Unit Kegiatan Belajar Mandiri adalah bahan ajar cetak atau satuan pelajaran kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar dan hanya digunakan untuk sekolah pelaksana program SKS saja yang dibagikan kepada siswa sebagai penunjang proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri sangat membantu siswa dalam meningkatkan stimulus belajar yang memungkinkan tumbuhnya kemandirian dan pengalaman peserta didik untuk terlibat aktif dalam penguasaan kompetensi secara utuh dan berpikir kritis. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri di MAN 1 Lamongan? 2) Bagaimana hasil pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan? Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri di MAN 1 Lamongan. 2) Mendeskripsikan hasil pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana tahun 2014. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri di MAN 1 Lamongan yaitu mencakup tiga kegiatan pembelajaran antara lain kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti guru sudah menerapkan lima komponen pendekatan saintifik yaitu mencermati, mengajukan masalah, mengajukan dugaan, mengumpulkan data, dan merumuskan kesimpulan. 2) Hasil pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan yaitu membuat siswa menjadi aktif, proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi terarah, terukur, dan tuntas, mempercepat waktu belajar siswa, dan menanamkan pendidikan karakter. 3) Faktor pendukung pemanfaatan bahan ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Lamongan yaitu dari lembaga sekolah, tenaga pendidik, dan sarana prasarana sekolah yang lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi siswa, kurangnya motivasi dari orangtua, dan masalah biaya ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:22
Last Modified: 26 Apr 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item