Peran Guru Dalam Proses Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

ABDUL MUHED, - (2021) Peran Guru Dalam Proses Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ABDUL MUHED_084141451.pdf

Download (16MB)

Abstract

Abdul Muhed, 2021: Peran Guru Dalam Proses Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Kata kunci: peran guru, hafalan al-Qur’an juz 30 Peranan guru sebagai pendidik profesional sesungguhnya sangat kompleks, tidak terbatas pada saat berlangsungnya interaktif edukatif di kelas tetapi juga di luar kelas. Peran guru itu meliputi menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencanakan, mempersiapkan pelajaran, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa. Tak heran jika ada guru yang mengajar hafalan alQur’an meskipun itu bukan bidang atau jurusannya, salah satunya yang terdapat di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember ini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif, menganalisis peran guru sebagai pendidik dan pembimbing dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa peran guru dalam proses hafalan al-Qur’an juz 30 ialah sebagai berikut: (1) Menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa, Menanamkan sikap mandiri terhadap siswa, Membiasakan hidup disiplin pada siswa sejak awal, Menjadi panutan bagi semua siswa, dan Identikasi peserta didik (siswa) dan lingkungannya (2) Guru harus yang merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang hendak dicapai, guru harus melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, guru harus memaknai kegiatan belajar, dan guru harus melaksanakan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 27 Apr 2022 08:44
Last Modified: 27 Apr 2022 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item