“Implementasi Program Full Day school Dengan Penerapan Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama AlBaitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021.”

RISKA CAMELIA PUTRI, - (2021) “Implementasi Program Full Day school Dengan Penerapan Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama AlBaitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan program studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
RISKA CAMELIA PUTRI_T20171039.pdf

Download (58MB)

Abstract

Riska Camelia Putri, 2021 : “Implementasi Program Full Day school Dengan Penerapan Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama AlBaitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021.” Program full day school yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama AlBaitul Amien Jember ini pelaksanaannya dari pagi hingga sore, yaitu dari pukul 07.15 sampai 16.00. dengan adanya full day school tersebut diadakan materi tambahan yaitu pada pembelajaran tentang taman pendidikan Al-Qur’an. Selain itu setiap pagi diadakan kegiatan tadarus Al-Qur’an, shalat duha, dan pemberian materi tentang pendidikan Al-Qur’an. Di sekolah tersebut juga menerapkan shalat wajib berjama’ah. Tujuan diadakan full day yaitu agar siswa/i mendapat pengembangan materi atau ilmu tambahan. Dengan seharian siswa disekolah dan disamping orang tua yang sibuk bekerja maka orang tua tidak perlu khawatir karena guru dapat mengawasi dan mendampingi siswa/i untuk melakukan hal yang positif. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Program Full Day School dengan penerapan Taman Pendidikan Al-Qur’an di sekolah menengah pertama Al-Baitul Amien Jember?, (2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam Program Full Day School dengan penerapan Taman Pendidikan Qur’an di Sekolah menengah pertama AlBaitul Amien jember ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi Program Full Day School dengan penerapan Taman Pendidikan AlQur’an di sekolah menengah pertama Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021 dan Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam Program Full Day School dengan penerapan Taman Pendidikan Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini yaitu: (1) implementasi program full day school dengan penerapan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Al-Baitul Amien Jember memang benar dilaksanakan dan hal ini merupakan program yang menjadi ungulan di sekolah tersebut, (2) faktor penghambat dan pendukungnya meliputi pihak sekolah dan wali murid yang saling bekerjasama. Kemudian siswa/i harus selalu semangat dan diberi motivasi agar ilmu yang diperoleh maksimal/sesuai yang diharapkan. Tujuan utama dari program ini agar lulusan dari sekolah tersebut mendapat pendidikan umum dan pendidikan agama bahkan di sekolah tersebut lebih menekannya pada pendidikan agama dan setiap harinya pembelajaran agama yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 27 Apr 2022 08:44
Last Modified: 27 Apr 2022 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item