Pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu dalam menumbuhkan critical thinking skil di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember

Riska, Dwi Fitria (2022) Pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu dalam menumbuhkan critical thinking skil di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Fitria Riska_0849419011.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Dwi Fitria Riska, 2022: Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Menumbuhkan Critical Thinking Skill di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. H.Abd.Muhith, S.Ag, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Pembelajaran Tematik, Critical Thinking Skill

Kurang melatih siswa dalam hal Critical Thinking Skill. Adalah kelemahan pendidikan kita saat ini. Banyak peserta didik yang masih belum mampu menuliskan secara sistematis dan runtut dalam menjawab pertanyaan yang ada, kurang cermat dalam mengerjakan latihan soal terutama pada pembelajaran tematik terpadu. Sehingga sangat dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran untuk dapat menumbuhkan Critical Thinking Skill siswa. Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Jember menerapkan pendekatan saintifik sebagai upaya menumbuhkan Critical Thinking Skill Siswa pada pembelajaran tematik terpadu.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan mengamati pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember? (2) Bagaimana kegiatan menanya pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember? (3) Bagaimana kegiatan menalar pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember? (4) Bagaimana kegiatan mencoba pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember? (5) Bagaimana kegiatan mengkomunikasikan pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kegiatan mengamati pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember (2) Mendeskripsikan kegiatan menanya pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember (3) Mendeskripsikan kegiatan menalar pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember (4) Mendeskripsikan kegiatan mencoba pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember (5) Mendeskripsikan kegiatan mengkomunikasikan pada pembelajaran tematik dalam menumbuhkan Critical Thinking Skill di MI Darul Ulum Sukorambi Jember.
Teori yang digunakan adalah teori Hosnan, Abdul Majid, Rusman, Benny A Pribadi, Ahmad Susanto dalam mengkaji pendekatan saintifik. Rusman, Gardner, J.E Wissick, Pipit Pudji Astutik dalam mengkaji pembelajaran tematik dan Robert Hugh Ennis, Ridwan Abdullah Sani, Susilo Setyo Utomo, Faranak Rohani, Yoki Ariyana MT dalam mengkaji tentang Critical Thinking Skill.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Lokasi penelitian yaitu di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Jember, Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data interaktif Milles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta member check.
Hasil penelitian yaitu: (1) kegiatan mengamati meliputi kegiatan membaca, mendengar, menyimak dan melihat dan dilengkapi dengan lembar kerja berfikir kritis dalam menunbuhkan Critical Thinking Skill siswa (2) Kegiatan saintifik menanya meliputi kegiatan mengumpulkan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi tambahan tentang apa yang diamati dan dilengkapi dengan lembar kerja berfikir kritis dalam menunbuhkan Critical Thinking Skill siswa (3) kegiatan saintifik menalar meliputi mengolah informasi yang sudah dikumpulkan berdasarkan hasil dan dilengkapi dengan lembar kerja berfikir kritis dalam menunbuhkan Critical Thinking Skill siswa (4) kegiatan saintifik mencoba meliputi melakukan percobaan, membaca sumber lain selain buku teks, aktivitas wawancara dengan narasumber dan dilengkapi dengan lembar kerja berfikir kritis dalam menunbuhkan Critical Thinking Skill siswa (5) kegiatan saintifik mengkomunikasikan meliputi kegiatan menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis atau media lainnya didepan kelas dan dilengkapi dengan lembar kerja berfikir kritis dalam menunbuhkan Critical Thinking Skill siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Fitria Riska
Date Deposited: 09 May 2022 00:45
Last Modified: 09 May 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5959

Actions (login required)

View Item View Item