Ahmad Muklisin, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Alat Musik Tradisional Banyuwangi pada Materi Transformasi untuk Kelas IX di SMP Islam Ali Badar Bangorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Ahmad Muklisin_T20177031.pdf Download (24MB) |
Abstract
Ahmad Muklisin, 2021: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Alat Musik Tradisional Banyuwangi pada Materi Transformasi untuk Kelas IX di SMP Islam Ali Badar Bangorejo Banyuwangi. Kata Kunci: Pengembangan, Etnomatematika, Transformasi.Alat Musik Tradisional Setiap kebudayaan yang ada di Indonesia memiliki perbedaan antar satu wilayah dengan wilayah lain, hal inilah yang bisa menjadi modal besar bagi Indonesia untuk membangun pendidikan lokal berbasis budaya, mengingat di era globalisasi seperti saat ini identitas atau budaya bangsa sudah mulai ditinggalkan. Pendidikan budaya dan pendidikan berbasis kebudayaan merupakan semacam keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Kesadaran akan kebudayaan harus ditanamkan sedalam mungkin ke dalam jiwa masyarakat Indonesia, dan salah satu caranya adalah dengan melalui jalur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika alat musik tradisional Banyuwangi pada materi transformasi untuk kelas IX di SMP Islam Ali Badar Bangorejo Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan kelayakan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika alat musik tradisional Banyuwangi pada materi transformasi untuk kelas IX di SMP Islam Ali Badar Bangorejo Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE, dengan fokus pengembangan yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika alat musik tradisional Banyuwangi materi transformasi kelas untuk IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dibagi menjadi lima tahap yaitu: (1) tahap analisis, tahap ini terdiri dari analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa dan analisis etnomatematika. (2) tahap desain, tahap ini merupakan perancangan desain lembar kerja siswa. (3) tahap development, tahap ini dilakukan penilaian terhadap lembar kerja siswa oleh para validasi ahli (4) tahap Implementation, tahap ini dilakukan uji coba respon siswa skala sedang sebanyak enam siswa dan skala besar sebanyak 30 siswa. (5) tahap Evaluasi, tahap ini dilakukan penilaian dan tes post-test kepada peserta didik. 2) validasi materi, validasi media dan validasi bahasa menyatakan valid. Adapun rincian rincian skor penilaian kesemua validator adalah 86,1% ahli materi, 77,2% ahli media dan 91,6% ahli bahasa. Sedangkan untuk kriteria kepraktisan pada penelitian ini juga terpenuhi dikarenakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata 82,5% untuk angket respon siswa dan 86,2% untuk angket respon guru. Sedangkan keefektifan pada penelitian ini berdasarkan nilai post-test yang diberikan pada tahap uji coba, diperoleh data bahwa sebanyak 86,6% siswa dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan demikian Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 23:11 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 23:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5965 |
Actions (login required)
View Item |