Pengembangan Media Flashcard dengan Sistem Permainan pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 2 Panti Jember

Amalatus, Retno Bulan (2022) Pengembangan Media Flashcard dengan Sistem Permainan pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 2 Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq JEmber.

[img] Text
Retno Bulan Amalatus Sholeha_T201810057.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian dan pengembangan media pembelajaran IPA berbentuk flashcard ini didasarkan pada siswa yang memiliki minat baca minim, susah menghafal nama latin makhluk hidup dan sulit mengelompokkan makhluk hidup pada siswa kelas VII SMPN 2 Panti Jember dalam materi klasifikasi makhluk hidup. Dari materi yang terbilang sulit oleh siswa dan guru di sekolah, maka peneliti merancang media pembelajaran yang dapat menarik peserta didik dalam belajar sambil bermain yaitu dengan adanya media flashcard yang berisikan gambar dan keterangan sesuai materi dan Kompetensi Dasar pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan respons siswa terhadap pengembangan media flashcard dalam mengelompokkan dan menghafal jenis pengklasifikasian makhluk hidup
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Namun, terbatas pada tahap implement. Subjek uji coba yaitu ahli materi, ahli media, guru IPA dan siswa kelas VII berskala kecil 10 subjek dan skala besar berjumlah 30 subjek. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket, serta data dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil pengembangan media dalam penelitian didapatkan data validasi ahli materi sebesar 98,30%, ahli media 94,60% dan guru IPA 93,30% dengan rata-rata 95,40% memiliki katergori sangat valid sehingga media sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil respon dari siswa yaitu 81% untuk skala kecil yang memilki tingkat keterbacaan sangat valid dan 88,25% untuk skala besar dalam artian media flashcard tersebut sangat menarik untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga diperoleh rata-rata dari uji respon tersebut bernilai 85% yang memiliki kategori sangat menarik untuk diimplementasikan dan dilakukan penelitian dengan tahap lebih lanjut.

Kata Kunci: flashcard, klasifikasi makhluk hidup, media pembelajaran, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060305 Evolution of Developmental Systems
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs Retno Bulan
Date Deposited: 09 May 2022 00:31
Last Modified: 09 May 2022 00:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item