Profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika berdasarkan gaya belajar

Safitri, Maya and Farihah, Umi (2019) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika berdasarkan gaya belajar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4 (2). pp. 179-196. ISSN 2541-4674

[img] Text
Profil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika berdasarkan gaya belajar.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matemat...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana terkadang siswa tidak begitu
memperdulikan tatanan dalam menjawab ataupun penggunaan simbol yang mereka gunakan dalam
menyelesaikan masalah matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan komunikasi
matematis siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Salah satu yang dapat
mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah gaya belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar
visual, audiotori, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas
IX di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam
penelitian ini adalah enam orang siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar, terdiri dari dua siswa
gaya belajar visual, dua siswa gaya belajar audiotori, dan dua siswa gaya belajar kinestetik.
Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, tes kemampuan komunikasi, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui
empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan
gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi
matematis. Siswa dengan gaya belajar audiotori mampu memenuhi tiga dari empat indikator
kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi
semua dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Menyelesaikan Masalah
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:10
Last Modified: 03 Jan 2020 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item