Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an, Metode Tilawati.

ZAINUL ARIFIN, - (2021) Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an, Metode Tilawati. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ZAINUL ARIFIN_084141226.pdf

Download (9MB)

Abstract

Zainul Arifin, 2021: Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an, Metode Tilawati. Melihat pentingnya pembelajaran menghafal Al-Qur’an jika dikaitkan dengan pendidikan masa kini maka sebagai alternatifnya banyak lembaga formal yang memiliki program dan kebijakan khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan berbagai metode pembelajaran yang digunakan. SMP Al-Baitul Amien Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang didalamnya memiliki Pembelajaran Tahfidz AlQur’an dengan menggunakan metode Tilawati dan termasuk dalam kurikulum khas keagamaan. Metode Tilawati merupakan metode menghafal Al-Qur’an yang berfokus kepada bacaan Al-Qur’an siswa yang di bekali dengan adanya alat-alat penunjang membaca dan menghafal Al-Qur’an yang baik dan benar. Berdasarkan fokus yang diteliti dalam skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana (aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh) dengan pengecekan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember terlebih dahulu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tidak jauh berbeda dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam buku panduan Tahfidz metode Tilawati dan dibuat dalam 1 semester pembelajaran yang bertujuan agar terlaksananya kegiatan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an yang sesuai dengan standart pembelajaran tahfidz Al-Qur’an metode Tilawati, direncanakannya observasi kepada siswa sebelum menghafal, dimana siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an di arahkan untuk belajar Tilawati terlebih dahulu 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al Baitul Amien Jember menggunakan stategi klasikal dengan media alat peraga, materi pembelajaran dikelompokkan dengan kemampuan siswa dan pelaksanaan tujuan pembelajarannya disesuakan dengan materi pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di SMP Al-Baitul Amien Jember menggunakan 3 tahap yaitu Pre-Test, evaluasi harian, dan kenaikan Juz hafalan. Kegiatan Pre-tes dilakukan ketika mengetes siswa dalam rangka menjajaki kemampuan Siswa untuk mengikuti pengelompokkan kelas, evaluasi harian guna mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran yang sudah berlangsung, evaluasi kenaikan Juz hafalan digunakan untuk melanjutkan hafalan kepada tingkat yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:43
Last Modified: 28 Apr 2022 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item