Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Elliza Dusturia Diska, - (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Elliza Dusturia Diska_T20151346.pdf

Download (5MB)

Abstract

Elliza Dusturia Diska, 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Guru artinya digugu dan di tiru yang dalam bahasa Indonesia berarti dipercaya dan dicontoh. Guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya orang yang memiliki mata pencaharian, profesinya mengajar, namun menurut harafiahnya guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Memiliki posisi dalam unsur manusiawi dalam pendidikan yang menempati pada posisi dan peranan sangat penting dalam dunia pendidikan. Sedangkan Resiliensi merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris dari kata resilience yang artinya kemampuan untuk menjadi senang, sukses dan lain sebagainya setelah suatu hal yang sulit dan buruk yang terjadi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Resiliensi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun fokus penelitian yang telah diangkat adalah Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam membentuk resiliensi siswa kelas VIII di MTs Nuruz Zaman Mrawan Mayang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021? Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membentuk resiliensi siswa kelas VIII di MTs Nuruz Zaman Mrawan Mayang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2020/2021? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode penentuan subyek penelitian secara proposive sampling. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdiri dari Kepala Madrasah, guru, dan siswa. Sedangkan data penunjang di peroleh dari dokumen dan keterangan dari bagian tata usaha dan uji keabsahan data menggunakan uji validasi dan trigulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pengelolaan data yang telah dianalisis dan dapat di ambil kesimpulan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk resiliensi siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2020/2021. Pertama peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk resiliensi terhadap siswa yang mempunyai permasalahan yang mana guru memfasilitasi kebutuhan siswa agar siswa yang bermasalah tersebut mempunyai karakter dan pribadi baik. Kedua peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk resiliensi siswa dengan cara memberikan motivasi terhadap siswa yang membutuhkan perhatian khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:48
Last Modified: 28 Apr 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6024

Actions (login required)

View Item View Item