Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Berganbar Pada Peserta Didik Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

SRI NURHAYATI, - (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Berganbar Pada Peserta Didik Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
SRI NURHAYATI_T20165041.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sri Nurhayati, 2020: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Berganbar Pada Peserta Didik Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena bahasa merupakan alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bahasa, seorang dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana evaluasi penigkatan kemampuan berbahasa melalui metode cerita bergambar peserta didik kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan, menganalisa penerapan dan evaluasi peningkatan kemampuan berbahasa melalui metode cerita bergambar pada peserta didik Kelompok A di Raudhatul Athfal Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verivikasi data atau kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cerita bergambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu: a) Guru merancang kegiatan sebelum melakukan kegiatan cerita bergambar, b) Guru menjadi model dalam mengucapkan kata atau kalimat, c) Interaksi guru dengan peserta didik menggunakan bahasa indonesia yang benar. 2) Evaluasi penerapan metode cerita bergambar peserta didik kelompok A Raudhatul Athfal (RA) Walisongo Desa panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu: a) Evaluasi format checklist (√) skala capaian perkembangan, b) Evaluasi percakapan guru dan peserta didik, c) Evaluasi unjuk kerja peserta didik bercerita didepan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:57
Last Modified: 28 Apr 2022 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item