Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso Tahun 2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjan Institut Agama Islam Jember. Pembimbing I: Prof.Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A. Pembimbing II: Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.Si

MUHAMMAD KHOLIL, - (2021) Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso Tahun 2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjan Institut Agama Islam Jember. Pembimbing I: Prof.Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A. Pembimbing II: Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.Si. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MUHAMMAD KHOLIL_0849316031.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kholil. Muhammad, 2020: Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso Tahun 2020. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjan Institut Agama Islam Jember. Pembimbing I: Prof.Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A. Pembimbing II: Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.Si Kata Kunci: Metode Sorogan - Pembelajaran Kitab Fathul Qorib Didunia pendidikan pesantren salaf metode sorogan adalah metode yang sangat lazim diterapkan dan diprioritaskan dalam pembelajaran kitab kuning terutama kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso, disamping metode metode lainnya . Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam kuning Poncogati Curahdami Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam kuning Poncogati Curahdami Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahadami BondowosoTahun 2020, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso. (3) Mendeskripsikan evaluasimetode sorogan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode, serta analisis datanya adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Perencanaan metode sorogan di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso di laksanakan sejak 1997, oleh tenaga pengajar yang berkiompeten dibidangnya dan mata pelajaran yang terjadwal. Pelaksanaan metode sorogan dilaksanakan didalam kelas dan di luar kelas dengan cara santri satu persatu menghadap kiai atau ustadznya untuk membacakan beberapa baris tulisan dalam kitab Fathul Qorib tampa harokat dan tarjamah dan menjelaskan isi kitab yang dibacanya dengan bahasa dari hasil pemahamannya sendiri. Pada penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fathul qorib ini terdapat beberapa keunggulan yang dapat membantu santri untuk memeksimalkan hasil belajarnya, sekaligus juga pada metode sorogan terdapat sisi kelemahannya dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib di Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ulya Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Islam Poncogati Curahdami Bondowoso .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:00
Last Modified: 28 Apr 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item