Implementasi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember.

Ike Nur Jannah, - (2021) Implementasi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ike Nur Jannah_T20171268.pdf

Download (17MB)

Abstract

Ike Nur Jannah, 2021: Implementasi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. Kata Kunci: Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an Banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) masih belum bisa memahami al-Qur’an, terlebih dalam hal membaca al-Qur’an secara tartil, apalagi dalam menghafal al-Qur’an. Kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an bagi siswa, pada umumnya dipengaruhi oleh kurangnya minat dan kesadaran diri untuk mempelajari al-Qur’an. Di masa sekarang ini, sudah banyak lembaga pendidikan yang mengembangkan program Tahfidz al-Qur’an, hal ini menarik siswa memasuki lembaga tersebut. Di SMK Nahdlatuth Thalabah menyediakan program unggulan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an bagi siswa jurusan Multimedia yang memiliki kemampuan menghafal al-Qur’an, dan menjadi kurikulum mata pelajaran wajib dengan tujuan menjadikan siswa berjiwa Qur’ani di masa mendatang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek ini dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an merupakan program unggulan bagi siswa jurusan Multimedia yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menghafal al-Qur’an. Perencanaan pembelajaran ini terdiri dari 4 langkah, yaitu tujuan, bahan/materi, metode/teknik dan penilaian. Pembelajarannya dilakukan secara bertahap menggunakan metode baca simak, dengan melihat kelancaran dan ketepatan bacaannya; 2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an adalah untuk menjaga hafalan al-Qur’an siswa agar tetap konsisten dan terus-menerus dengan menggunakan metode baca simak antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan; 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidz alQur’an adalah mengevaluasi kelancaran hafalan siswa dengan cara disetorkan dihadapan guru. Pelaksanaan evaluasi ada 2 macam yaitu evaluasi harian dan evaluasi triwulan atau caturwulan, dilakukan sesuai standart penilaian di raport siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:16
Last Modified: 28 Apr 2022 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item