“Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam Menangkal Intoleransi Siswa di Sekolah Menengah Atas Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi”

HANA SAFIRA ANDRITAMA, - (2021) “Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam Menangkal Intoleransi Siswa di Sekolah Menengah Atas Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ZAINUL ARIFIN_084141226.pdf

Download (9MB)
[img] Text
HANA SAFIRA ANDRITAMA_T20171033.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hana Safira Andritama, 2021 : “Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam Menangkal Intoleransi Siswa di Sekolah Menengah Atas Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi” Kata kunci: Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah, Menangkal Intoleransi Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah ialah pembelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa dan pendidik belum secara maksimal memberikan penguatan kepada siswa tentang toleransi terhadap sesama. Dikarenakan siswa tingkat menengah atas merupakan siswa yang masa transisi dari remaja menuju dewasa. Dimana masa-masa tersebut biasa mudah terpengaruh oleh beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya intoleransi. Fokus penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam menangkal Intoleransi Siswa di SMA Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi ? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (ASWAJA) AnNahdliyah dalam menangkal Intoleransi Siswa di SMA Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi ?. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam menangkal Intoleransi Siswa di SMA Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (ASWAJA) An-Nahdliyah dalam menangkal Intoleransi Siswa di SMA Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriftif dan jenis penelitian Field Research. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik pengamatan observasi, tehnik wawancara, tehnik dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hiberman. Sedangkan pada keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini, yaitu: pembelajaran Aswaja adalah pembelajaran yang wajib dilaksanakan di sekolah yang bernaungan di LP Ma’arif NU yang mengajarkan tentang ajaran dan sunah-sunah nabi Muhamad SAW dan para sahabat. Dengan adanya tujuan, materi dan metode pada saat pembelajaran Ahlusunnah Wal Jamaah (ASWAJA) An-Nahdliyah dapat memudahkan guru dalam memberikan pengenalan, pendekatan, dan penguatan pada siswa yang terletak pada materi yang disampaikan. Seperti, Amaliyah-amaliyah Aswaja, Aqidah Islam, Syariat Islam atau fiqh, pengertian Aswaja, perbedaan ajaran aswaja dengan syiah, prinsip-prinsip aswaja, keorganisasian dan khususnya pada materi konsep ukhuwah. Maka, siswa dapat memahami dan mengerti dengan materi yang disampaikan oleh guru tanpa adanya kesalahfahaman dan agar tidak ternjadinya Intoleransi siswa. Faktor pendukung, tenaga kependidikan seluruhnya orang NU dan adanya kegiatan diluar kelas seperti IPNU dan IPPNU di sekolah. Adapun faktor penghambat, terletak pada materi yang kurang dinamis atau kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:37
Last Modified: 28 Apr 2022 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6066

Actions (login required)

View Item View Item