Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021

Ainun Sovieah Rosyidi, - (2021) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ainun Sovieah Rosyidi_T20171035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ainun Sovieah Rosyidi, 2020: Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar. Kurangnya motivasi belajar siswa dikarenakan upaya guru yang kurang maksimal. Peserta didik bosan untuk mendengarkan berbagai macam pelajaran yang guru berikan, salah satunya adalah pembelajaran kebudayaan Islam, dimana banyak dari mereka untuk enggan mendengarkan ataupun menyimak penjelasan guru di kelas tentang sejarah yang dirasa cukup panjang kisahnya. Fokus penelitian ada dua yaitu ; 1. Bagaimana upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memberikan motivasi belajar melalui pemberian reward di MTsN 2 Probolinggo? 2. Bagaimana upaya guru S ejarah Kebudayaan Islam dalam memberikan motivasi belajar melalui pemberian punishment di MTsN 2 Probolinggo?. Tujuan penelitian menyesuaikan dengnan fokus penelitian yang ada, yaitu; 1. Mendeskripsikan upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam memberikan motivasi belajar melalui pemberian reward di MTsN 2 Probolinggo. 2. Mendeskripsikan upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam memberikan motivasi belajar melalui pemberian punishment di MTsN 2 Probolinggo. Pendekatan yang digunakan adalah kuliatatif dan j enis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subyek penelitian yang digunakan adalah teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam memberikan motivasi belajar melalui pemberian reward yang dimaksimalkan untuk diberikan kepada peserta didik, dengan memberikan reward non materi seperti pujian maupun reward berupa materi seperti hadiah alat tulis atau uang. Upaya guru S ejarah Kebudayaan Islam dalam memberikan motivasi belajar melalui punishment dengan meminimalkan punishment atau hukuman. Tetapi bukan berarti ketika peserta didik melakukan kesalahan tidak diberlakukan hukuman atau punishment, dengan tetap memberikan punishment yaitu dengan memperkuat nilai spritual siswa dengan minimal membaca Al-qur’an 1 juz dan seterusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:45
Last Modified: 28 Apr 2022 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item