Implementasi Media Pembelajaran dengan Aplikasi Quizizz pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day school) Tahun Pelajaran 2021-2022

Robby Khoirul, Masruchin (2022) Implementasi Media Pembelajaran dengan Aplikasi Quizizz pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day school) Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ROBBY KHOIRUL MASRUCHIN T20181290-2.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Quizizz, Fikih Media pembelajaran adalah sebuah alat pendukung yang digunakan untuk kepentingan dan proses belajar dan mengajar agar tidak monoton dan terkesan membosankan dan menarik sekaligus memotivasi peserta didik khususnya pada mata pelajaran fikih di SMP Al-Baitul Amien (full day school) Jember. Di era pandemi seperti saat ini di SMP Al-Baitul Amien proses belajar dan mengajar sangat lancar dan berjalan dengan baik. Guru menggunakan media pembelajaran aplikasi Quizizz untuk pemberian tugas daring di rumah. Fokus dari penelitian ini yakni : 1. Bagaimana perencanaan media aplikasi Quizizz dalam Mata Pelajaran Fikih kelas VII di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) Tahun Pelajaran 2021/2022. 2. Bagaimana pelaksanaan media aplikasi Quizizz dalam Mata Pelajaran Fikih kelas VII di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) Tahun Pelajaran 2021/2022. 3. Bagaimana evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian media aplikasi Quizizz dalam Mata Pelajaran Fikih kelas VII di SMP Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memperdalam khasanah keilmuan tentang Implementasi aplikasi Quizizz dalam pembelajaran Fikih daring masa pandemi Covid-19 di kelas VII di SMP Al-Baitul Amien (Full day school) Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi, dengan pendekatan penelitian berupa deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara yang sistematis dan dokumentasi sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi aplikasi Quizizz dalam pembelajaran Fikih di masa pandemi ini adalah: (1) Perencanaan : Pertama, guru mempersiapkan silabus, prota, promes dan RPP. Kedua, guru beserta peserta didik mendownload aplikasi Quizizz dan membuat akun. Ketiga, guru membuat materi pembelajaran dan soal-soal sesuai dengan KD dan KI pada RPP Permendikbud No. 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, kemudian memasukkan soal yang telah dibuat dalam aplikasi Quizizz. (2) Pelaksanaan : Pertama, guru menyapa dan memotivasi peserta didik. Kedua, guru memberi materi pembelajaran dan memberi waktu kepada peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Ketiga, guru memberi kode kelas dan peserta didik mengerjakan tugas dalam aplikasi Quizizz sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh guru. (3) Evaluasi : Guru memberi penilaian pengetahuan peserta didik. Problematika dalam penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran Fikih di masa pandemi berdasarkan observasi dan wawancara ada beberapa kendala yaitu : RAM tidak cukup dan gangguan koneksi internet. Kelebihan aplikasi Quizizz yakni platform yang menarik dan gratis. Sekolah memiliki fasilitas yang lengkap seperti LAB computer dan jaringan internet (wifi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robby Khoirul Masruchin
Date Deposited: 12 May 2022 07:21
Last Modified: 12 May 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item