STRATEGI KOMUNIKASI RUMAH MODERASI BERAGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DI UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

MAULIDA, NURIA FINA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI RUMAH MODERASI BERAGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DI UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NURIA FINA MAULIDA_D20161010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama adalah sikap tengah dalam memahami ajaran agama. Dalam Islam, konsep moderasi ini sering dipadankan dengan istilah Islam wasathiyah. Moderasi dipahami sebagai cara pandang, sikap, dan perilaku selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem dalam beragama. Adanya Rumah Moderasi Beragama berfungsi sebagai leading sector dalam pelaksanaan dan penguatan moderasi beragama di lingkungan PTKIN. Maka penting untuk mengetahui apa yang menjadi strategi komunikasi rumah moderasi beragama dalam penanaman nilai-nilai islam moderat di UIN KHAS Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, Bagaimana strategi komunikasi yang dibangun rumah moderasi beragama di UIN KHAS Jember?,Apa saja nilai - nilai Islam moderat yang menjadi fokus pembahasan dalam moderasi beragama, dan Apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung rumah moderasi beragama dalam menyampaikan pesan nilai – nilai Islam Moderat? Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan strategi komunikasi yang dibangun rumah moderasi beragama untuk menanamkan nilai – nilai islam moderat di perguruan tinggi IAIN Jember, Mendiskripsikan nilai - nilai Islam moderat menurut moderasi beragama yang menjadi fokus pembahasan oleh rumah moderasi beragama dan Mendiskripsikan hambatan dan keberhasilan rumah moderasi beragama dalam menyampaikan pesan nilai – nilai islam moderat . Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Kemudian menggunakan analisis data sesuai dengan teori Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan oleh RMB UIN KHAS Jember dalam menanamkan nilai-nilai Islam moderat adalah melakukan beberapa pengenalan dan pendidikan penguatan moderasi beragama dengan cara mengadakan seminar, workshop dan pelatihan penguatan moderasi beragama yang menghadirkan pemateri dari beberapa stakeholder, Nilai – nilai islam moderat dalam moderasi beragama meliputi Komitmen Kebangsaan , Toleransi, Anti Radikalisme dan Kekerasan , dan Akomodatif terhadap Budaya Lokal yang dalam prinsipnya moderasi beragama mengajarkan nilai – nilai islam yang Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawāzun (berkeseimbangan), I'tidāl (lurus dan tegas), Tasāmuh (toleransi), Musāwah (Egaliter), dan Syurā (musyawarah) dan faktor pendukung dalam hal ini adalah, keputusan dan undang-undang dari negara untuk pelaksanaan program moderasi beragama . Dukungan dari pimpinan kampus, kekompakan para tim pengurus RMB, keselarasan dengan visi misi kampus UIN KHAS Jember . Dan yang menjadi faktor penghambat dalam hal ini adalah dalam situasi pandemi - covid - 19 yang berimbas pada aspek keuangan, waktu pelaksanaan . Selanjutnya adalah kesibukan pribadi dari personal pengurus RMB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nuria Fina Maulida
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:43
Last Modified: 15 Jun 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6235

Actions (login required)

View Item View Item