PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Risdiana, Sitta (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sitta Risdiana_T201710036.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Sitta Risdiana, 2022 : Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan
Kata kunci : Energi dalam Sistem Kehidupan, Literasi Sains, Modul.
Tingkat pencapaian literasi sains di Indonesia terbilang cukup rendah berdasar dari hasil studi PISA. Salah satu hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi hal tersebut adalah melalui pendayagunaan bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi di SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi, sekolah tersebut belum memiliki bahan ajar berbasis literasi sains dan siswa memiliki kesulitan terhadap materi pelajaran IPA yang terlalu kompleks seperti materi energi dalam sistem kehidupan. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul IPA terpadu berbasis literasi sains.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) Mendeskripsikan hasil validasi dari pengembangan modul IPA terpadu berbasis literasi sains untuk siswa SMP/MTs kelas VII pada materi energi dalam sistem kehidupan. (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap modul IPA terpadu berbasis literasi sains untuk siswa SMP/MTs kelas VII pada materi energi dalam sistem kehidupan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model ini memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Namun, pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan tiga tahapan yaitu Define, Design, and Develop. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu serta biaya. Validasi dilakukan dengan melaksanakan kegiatan uji coba pada validator ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna (guru IPA), serta dilakukan uji coba skala terbatas yaitu skala kecil pada 6 siswa dan skala besar pada 30 siswa.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) modul IPA Terpadu berbasis literasi sains dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 94,8%, kevalidan ahli media sebesar 96,4%, dan kevalidan ahli pengguna (guru IPA) sebesar 93,7%. Sehingga rata-rata yang didapatkan sebesar 94,9%, artinya modul dapat dilanjutkan untuk uji coba lapangan pada siswa. (2) Berdasarkan deskripsi hasil respons siswa terhadap modul IPA berbasis literasi sains. Hasil uji coba skala kecil pada 6 siswa sebesar 89,9%, artinya modul memiliki keterbacaan yang sudah sesuai dengan karakteristik siswa sehingga bisa dilanjutkan pada uji coba skala besar. Hasil uji coba skala besar pada 30 siswa sebesar 93,2% yang menunjukkan bahwa modul IPA terpadu berbasis literasi sains untuk siswa SMP/MTs kelas VII pada materi energi dalam sistem kehidupan termasuk dalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Siita Risdiana Sujaet
Date Deposited: 11 May 2022 08:18
Last Modified: 11 May 2022 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item