PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 PUGER

Nurfarida, Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 PUGER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURFARIDA _T201710001.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK

Siti Nurfarida, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Puger
Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Smart Apps Creator (SAC), Materi Pencemaran Lingkungan
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam proses pembelajaran mengacu erat pada konsep yang berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Pencemaran lingkungan merupakan salah satu kajian ilmiah pembelajaran IPA bagi peserta didik kelas VII SMP/MTs, dan berkaitan langsung dengan perilaku manusia, khususnya perilaku peserta didik. Beberapa kendala yang dihasilkan dalam wawancara dengan pendidik di SMP Negeri 3 Puger menunjukkan bahwa dalam prose pembelajaran IPA, salah satunya adalah kurangnya media pembelajaran kekinian mengikuti kemajuan teknologi. Berdasarkan hal tersebut perlunya media pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien, yang tujuan untuk memotivasi peserta didik untuk membaca di manapun dan kapanpun.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tingkat validitas terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Puger. 2)Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Puger.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model penelitian pengembangan 4-D meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate), akan tetapi tidak dilakukan pada tahap disseminate (penyebaran) sebab tidak melihat efektivitas media terhadap peserta didik. Validator dan responden adalah Subjek penelitian ini. Adapun validator terdiri dari 3 yaitu validator materi, media dan pengguna (pendidik). Sedangkan respon terdiri dari responden skala kecil yaitu 6 peserta didik dan skala besar dengan jumlah seluruh kelas yaitu 30 partisipan kelas VII SMP Negeri 3 Puger. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan persentase.
Hasil dari pengembangan penelitian ini yaitu :1) Validitas media pembelajaran interaktif mencapai persentase rata-rata uji validasi ahli sebanyak 87,5% pada tahap 1 dan tahap 2. Hasil evaluasi ahli media mencapai persentase sebanyak 87%, sedangkan hasil penilaian pengguna mencapai persentase 95,9% dengan kriteria validitas “Sangat Valid”, kriteria tersebut menunjukkan kesesuaian relevansi antara teori penyusunan dengan media yang sudah dikembangkan. 2) Pada uji coba skala kecil respons peserta didik, adalah 94,36%, sedangkan pada uji coba skala besar adalah 95,28%. Hasil uji respons peserta didik pada uji skala kecil dan uji skala besar mencapai kriteria “sangat menarik” pada hal penyajian konten atau materi dan desain media pembelajaran interaktif, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Siti Nurfarida samidi
Date Deposited: 12 May 2022 07:00
Last Modified: 12 May 2022 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item