Analisis Taghrir Dalam Praktik Jual Beli Online Pada Marketplace Shopee

Sobri, Mohammad (2022) Analisis Taghrir Dalam Praktik Jual Beli Online Pada Marketplace Shopee. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Sobri_E20182192..pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Sobri, Abdul Rokhim. 2022: Analisis Taghrir Dalam Praktik Jual Beli Online Pada Marketplace Shopee.
Taghrir dalam praktik jual beli online sangat mempengaruhi tingkat distorsi perdagangan, karena sudah melenceng dari aturan dan melanggar konsep jual beli dalam islam. Dalam agama islam sendiri mengajarkan prinsip suka sama suka dalam bertransaksi, sehingga tidak ada kecurangan, penipuan yang berat sebelah diantara kedua belah pihak yang merasa dirugikan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli online di marketplace shopee? 2) Bagaimana analisis taghrir dalam praktik jual beli online di marketplace shopee ?
Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mempelajari penerapan jual beli secara online di marketplace shopee. 2) Untuk memahami bentuk taghrir dalam praktik jual beli pada marketplace shopee.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitan kualitatif deskriptif. sumber data primernyaberupa hasil observasi dan wawancara di lapangan melalui purposive sampling, sedangkan sumber data sekunder yaitu menggunakan buku tentang taghrir, serta buku-buku bacaan teerkait judul penelitian. sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1) Dalam praktik jual beli online di marketplace shopee ini menjadi tunjangan kepada pelanggan shopee terutama dalam hal berbelanja. Dari berbagai kemudahan yang didapatkan di shopee beserta keseruan dalam berbelanja dan bertransaksi menjadi pilihan yang sangat familiar bagi kalangan milenial. Idealnya harus keluar rumah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun berbeda dengan saat adanya marketplace shopee yang tidak perlu ribet cukup dengan smartphone dan klik sudah bisa untuk melakukan pembelanjaan. 2) Taghrir dalam praktik jual beli online pada marketplace shopee, yaitu terlepas dari faktor kemudahan dan ke-efisienan dalam jual beli online di shopee juga terdapat bentuk penipuan yang terjadi. Hal ini sering terjadi karena pada gambar yang disuguhkan dengan tampilan yang sangat menggelegar, sehingga dapat menarik minat pembeli untuk berbelanja. Namun kebanyakan pelanggan kecewa karena barangnya tidak sesuai, terlebih hanya berdasarkan pada gambar tanpa bisa melihat barangnya secara langsung.
Kata kunci : Taghrir dalam praktek jual beli online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sobri Muhammad
Date Deposited: 13 May 2022 02:06
Last Modified: 13 May 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item