Tadris jurnal pendidikan Islam

Mukni'ah, Mukni'ah and Abidin, Zainal Tadris jurnal pendidikan Islam. Tadris Jurnal Pendidikan Islam.

[img] Text
Tadris Volume 16 Nomor 1 2021.pdf

Download (11MB)

Abstract

Sejalan berkembangnya Pendidikan secara cepat, berdampak terhadap
Pendidikan Islam di masa Covid-19. Pembelajaran Pendidikan Islam
kurang relevan dengan hasil belajar siswa, karena belum ada model
pembelajaran yang sesuai dengan kinerja otak siswa. Dalam kajian
Neurosains Otak yang digunakan dalam belajar, akan merubah
optimalisasi keterampilan berpikir semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan
menganalisis pembelajaran di masa Covid-19 perspektif Neurosains. Data
Mohammad Jailani, Suyadi, Dedi Djubaedi
Tadris: Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 16 No.1, 2021 DOI: 10.19105/tjpi.v16i1.4347
2
penelitian ini bersumber melalui pengamatan literatur terkait deskripsi
jurnal ilmiah maupun pencermatan terhadap referensi karya penelitian,
baik secara manual maupun digital yang fokus membahas pembelajaran
pendidikan Islam dalam diskursus Neurosains. Penelitian ini merupakan
studi kepustakaan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menemukan
bahwa Neurosains memiliki jejak pada bidang pemikiran pendidikan Islam
secara teologis yang memiliki basis Neorubiologis dalam Alquran surat alAlaq ayat 15-16 dengan kata kunci ”nasyiyah” (ubun-ubun), secara
historis Neurosains berkaitan erat dengan filsafat Islam, fiqh dan ushul
fiqh. Secara akademis dan teoritis berhubungan dengan konsep ’Aql dan
Qolb dalam Alquran dan hadits. Turunannya memunculkan hibrididasi
Neurosains dan pendidikan Islam. Dengan demikian akan berimplikasi
luas terhadap model pembelajaran di masa Covid-19.

Item Type: Article
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 13 May 2022 08:24
Last Modified: 13 May 2022 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item