Siti Saridatul Umammun Nawalatul Faroh, - (2021) Pola Komunikasi Ustadzah Dalam Pembelajaran Kajian Kitab Untuk Membangun Perilaku Santri Di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Text
Siti Saridatul Umammun Nawalatul Faroh_D20171059.pdf Download (12MB) |
Abstract
Siti Saridatul Umammun Nawalatul Faroh, 2021: Pola Komunikasi Ustadzah Dalam Pembelajaran Kajian Kitab Untuk Membangun Perilaku Santri Di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Pondok Pesantren Nurul Islam adalah salah satu pondok pesantren terkenal di Kecamatan Antirogo Kabupaten Jember, Pondok Pesantren ini terkenal dengan sebutan Pondok Pesantren “Nuris”. Banyak sekali santri yang datang berbagai daerah untuk mencari ilmu di pondok pesantren Nuris. Setiap pondok pesantren memiliki tata tertib untuk para santrinya. Salah satunya di pondok pesantren Nuris. Pondok pesantren Nuris memiliki tata tertib yang harus di patuhi oleh para santrinya, salah satu tujuannya untuk membina perilaku menjadi lebih baik lagi . Namun masih banyak santri yang melanggar peraturan yang sudah dibuat oleh pondok pesantren. sehingga membuat para santri dihukum disaat melanggar peraturan tersebut. Oleh karena itu pondok pesantren melakukan pembelajaran kajian kitab Taysirul Kholaq yang membahas tentang akhlak untuk membangun perilaku santri. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana pola komunikasi ustadzah di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember dalam membangun perilaku santri melalui pembelajaran kajian kitab ? 2) apa kajian atau pembelajaran yang mendukung pola komunikasi ustadzah dalam pembelajaran kajian kitab untuk membangun perilaku santri di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember ? Tujuan dari peneliti ini yaitu 1) untuk mengetahui pola komunikasi ustadzah di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember dalam membangu perilaku santri melalui pembelajaran kajian kitab. 2) untuk mengetahui apa kajian atau pembelajaran yang mendukung pola komunikasi ustadzah dalam pembelajaran kajian kitab untuk membangun perilaku santri di Wilayah Dalem Timur Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatn penelitian lapangan atau field research. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi, dan juga peneliti menggunakan triangulasi data dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini diperoleh dengan kesimpulan, yaitu 1) pola komunkasi yang digunakan oleh ustadzah dalam pembelajaran kajjian kitab yakni pola komunikasi linear dan pola komunikasi sirkular. Pola komunikasi linear yang dilakukan oleh ustadzah dalam pembelajaran kajian kitab yakni secara tatap muka atau face to face. Pola komunikasi sirkular yakni adanya feedback atau umpan balik disaat ustadzah menyampaikan materi untuk membangun perilaku santri. 2) kajian atau pembelajaran yaitu materi terkait bab-bab yang terdapat di kitab Taysirul Kholaq yaitu tentang kebersihan, memelihara diri atau iffah, adab kepada guru, adab kepada kedua orang tua, adab makan, adab minum dan juga pergaulan. Kata kunci : Pola Komunikasi, Pondok Pesantren, Kajian Kitab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:00 |
Last Modified: | 17 May 2022 04:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6374 |
Actions (login required)
View Item |