Kholilatur Rosyidah, - (2021) Peran Orang tua Dalam Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Selama Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di SLB PGRI Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Progam Studi Bimbingan dan Konseling Islam.
Text
Kholilatur Rosyidah_D20173056.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kholilatur Rosyidah, 2021: Peran Orang tua Dalam Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Selama Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di SLB PGRI Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi. Kata kunci: Peran orang tua, Pendampingan, Anak berkebutuhan khusus, Pembelajaran jarak jauh. Peran orang tua merupakan tugas atau kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua untuk menjalankan perannya sebagai orang tua terhadap anak. Peran orang tua yang dijalankan mempunyai banyak jenis seperti pendampingan, pengawasan dan sebagai motivator untuk anak berkebutuhan khusus. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana orang tua menjalankan peran sebagai pendamping belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ)? 2) Bagaimana cara anak berkebutuhan khusus (ABK) belajar salama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ)? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagiamana cara orang tua mendampingi anak berkebutuhan khusus (ABK) belajar di rumah selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan mengetahui bagaimana cara anak berkebutuhan khusus (ABK) belajar selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis metode kualitatif Miles and Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusion/drawing verification). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) orang tua menjalankan tugasnya sebagai pendamping, pengawas dan motivator untuk anak berkebutuhan khusus selama masa pembelajaran jarak jauh dengan cara yang berbeda antara orang tua satu dengan orang tua lainya, 2) macam-macam gaya dan cara belajar anak berkebutuhan khusus bagi anak tunagrahita yaitu gaya belajar dengan media gambar dan cara belajar menulis dan mewarnai, gaya belajar anak tunarungu dengan menulis dan cara belajar dengan menggunakan bahasa isyarat, gaya belajar anak autis dengan modelling orang tua dan cara belajar dengan intruksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:43 |
Last Modified: | 17 May 2022 04:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6399 |
Actions (login required)
View Item |