Pola Komunikasi Karimah Tour and Travel Surabaya Dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah Kepada Jamaah Umroh

Siti Aisyah, - (2020) Pola Komunikasi Karimah Tour and Travel Surabaya Dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah Kepada Jamaah Umroh. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

[img] Text
SITI AISYAH_D20151043.pdf

Download (10MB)

Abstract

Siti Aisyah, 2020: Pola Komunikasi Karimah Tour and Travel Surabaya Dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah Kepada Jamaah Umroh. Karimah Tour and Travel merupakan sebuah lembaga biro perjalanan yang terletak di kota Surabaya. Berdasarkan cerita dari jamaah pengajian milik Nuril Jannah sebagai pemilik Karimah Tour and Travel sekaligus tokoh agama di kota Surabaya. Ia mengatakan bahwa sejumlah jamaah merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Travel lain ketika sedang melaksanakan ibadah ke tanah suci. Tidak mendapat bimbingan sedetail dia mendapat bimbingan dari pengajian yang didapat di majelis ta’limnya. Oleh karena itu, dengan adanya relasi dengan sejumlah perusahaan lembaga jasa perjalanan, Nuril Jannah mendirikan Karimah Tour and Travel dengan tetap melaksanakan beberapa kegiatan Ubudiyah yang telah dilaksanakan dan menjadi kegiatan rutinan di majelis ta’lim milik Nuril Jannah tersebut. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Pola Komunikasi Yang Dilakukan Oleh Karimah Tour and Travel Surabaya Dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah Kepada Jamaah Umroh? 2) Bagaimana Bentuk Nilai Ubudiyah Yang Ditanamkan Oleh Karimah Tour and Travel Surabaya Kepada Jamaah Umroh? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Pola Komunikasi Yang Dilakukan Oleh Karimah Tour and Travel Surabaya Dalam Menanamkan Nilai Ubudiyah Kepada Jamaah Umroh. 2) Untuk Mengetahui Bagaimana Bentuk Nilai Ubudiyah Yang Ditanamkan Oleh Karimah Tour and Travel Surabaya Kepada Jamaah Umroh. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, yaitu 1) Pola komunikasi yang dilakukan oleh Karimah Tour and Travel Surabaya yakni Pola Komunikasi Antarpribadi dan Pola Komunikasi Kelompok. Adapun bentuk pola komunikasi antarpribadi lembaga Travel ini berupa stimulus yang disampaikan kepada para jamaah. Sedangkan pola komunikasi kelompok yang dilakukan berupa Tour Leader menyampaikan pesan kepada jamaah dalam satu waktu, seperti penyampaian materi manasik umroh sebelum pemberangkatan. Ketika seluruh jamaah sedang istirahat menunggu kegiatan selanjutnya selama di tanah suci, seorang Tour Leader kerapkali memberikan ceramah dalam kemasan bercerita. 2) Bentuk nilai Ubudiyah ditanamkan kepada jamaah umroh yakni berupa kegiatan di mana pihak Travel mewajibkan pula kegiatan sunnah lainnya. Di antaranya meliputi sholat berjamaah, istighosah, tahlilan, maulid diba’, dan berkunjung ke roudhoh. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Tour and Travel, Nilai Ubudiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 17 May 2022 07:58
Last Modified: 17 May 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item