Strategi Pondok Pesa -Hasany dalam Memasarkan Kopi BIKLA di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Faikotul Hikmah, - (2021) Strategi Pondok Pesa -Hasany dalam Memasarkan Kopi BIKLA di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Jurusan Manajemen Penyiaran Islam Program Studi Manajemen Dakwah.

[img] Text
Faikotul Hikmah_D20174026.pdf

Download (15MB)

Abstract

Faikotul Hikmah, 2021: Strategi Pondok Pesa -Hasany dalam Memasarkan Kopi BIKLA di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pondok Pesantren, Kopi BIKLA Pondok P -Hasany merupakan salah satu pesantren di Kabupaten Jember yang mempunyai komitmen besar dalam mengembangkan ekonomi pesantrennya, pondok pesantren berinovasi mendirikan usaha Kopi BIKLA. nah Al-Hasany dalam memasarkan Kopi BIKLA, memiliki keunikan tersendiri. Strategi pemasaran Kopi BIKLA yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran syariah dengan menerapkan spiritual marketing, menempelkan simbol-simbol agama Islam seperti dzikir, sholawat dan ayat-ayat suci Al- yang dibacakan oleh para santri pada keseluruhan proses penciptaan sampai pemasaran Kopi BIKLA. Karena itu, Kopi BIKLA dikenal bukan hanya sebagai minuman biasa namun juga sebagai kopi obat kesehatan dan kopi barokah para santri. Fokus masalah di dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana strategi nah Al-Hasany dalam memasarkan Kopi BIKLA? 2) Sunnah Al-Hasany dalam memasaran Kopi BIKLA?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui strategi Pesantren -Hasany dalam memasarkan Kopi BIKLA. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan strategi Pondok Pesantren -Hasany dalam memasarkan Kopi BIKLA. Adapun metode penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi metode. nah AlHasany dalam memasarkan Kopi BIKLA adalah; Pemasaran syariah (Spiritual Marketing), Pemasaran Media Sosial (Media Sosial Marketing), Pemasaran Langsung (Direct Marketing). 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi nah Al-Hasany dalam memasarkan Kopi BIKLA yakni; Faktor pendukung (faktor adanya pemberdayaan SDM yaitu petani serta para santri dan karyawan, bahan baku biji kopi pilihan dan bahan baku campuran yaitu 11 macam rempah-rempah tradisional yang mengandung khasiat obat, saran dan prasarana yang memadai, ritual pembacaan dzikir Rotibul Haddad dan ayatayat Ruqyah keseluruhan kegiatan produksi sampai pemasaran, kemasan produk dengan pesan yang bersifat religius, menjalin kerjasama sebagai supplier (pemasok) Kopi BIKLA dengan perusahaan Big Dream serta Kopi BIKLA terdaftar dan menjadi produk unggulan OPOP Jatim), Faktor penghambatnya yaitu lokasi Pesantren kurang strategis dan ketersediaan bahan baku biji kopi yang tidak tepat waktu, sehingga dapat menghambat berjalannya strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 17 May 2022 07:58
Last Modified: 17 May 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item