Konsep Efikasi Diri Dalam Peraihan Prestasi Siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember.

Putri Rahayu, - (2021) Konsep Efikasi Diri Dalam Peraihan Prestasi Siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

[img] Text
PUTRI RAHAYU_D20173015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Putri Rahayu, 2021: Konsep Efikasi Diri Dalam Peraihan Prestasi Siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. Kata Kunci: Konsep Efikasi Diri (Self Efficacy), Peraihan Prestasi. Efikasi diri merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuanya dalam menunjukkan prestasi dalam bidang tertentu. Dalam peraihan prestasi siswa memiliki konsep efikasi diri yang berbeda beda, salah satunya Lembaga SMA Nurul Islam Antirogo Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep efikasi diri siswa di SMA Nurul Islam Antirogo Jember, 2) Apa saja jenis efikasi diri pada siswa di SMA Nurul Islam Antirogo Jember, 3) Apa saja faktor pembentuk efikasi diri pada siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan konsep efikasi diri siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. 2) mendeskripsikan jenis efikasi diri pada siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. 3) mendeskripsikan faktor pembentuk efikasi diri pada siswa SMA Nurul Islam Antirogo Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan 2 teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) konsep efikasi diri siswa dalam peraihan prestasi akademik, non akademik, maupun keduanya, siswa memiliki konsep efikasi diri, sumber efikasi diri , efikasi diri sebagai prediktor tingkah laku; 2) jenis efikasi diri siswa dalam peraihan prestasi, siswa yang peraihan prestasi rendah memiliki efikasi diri rendah, sedangkan siswa yang memiliki meraih prestasi memiliki efikasi diri tinggi; 3) faktor pembentuk efikasi diri siswa dalam peraihan prestasi siswa dalam peraihan prestasi adalah kepercayaan diri pada dirinya, masalah yang terjadi pada siswa dan dilakukan bimbingan oleh wali kelas dan guru BK sehingga dapat dilakukan pembentukan efikasi diri pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 May 2022 07:57
Last Modified: 18 May 2022 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item