PENGARUH PEMBIASAAN TADARUS AL- QURAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL- QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMBERSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MEGA SILVIA, 084 121 117 (2016) PENGARUH PEMBIASAAN TADARUS AL- QURAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL- QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMBERSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
motto, dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mega Silvia, 2016: Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al- Quran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017. Tadarus Al- Quran atau kegiatan membaca Al- Quran merupakan bentuk peribadatan yang diyakini dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang berimplikasi pada sikap dan perilaku positif, dapat mengontrol diri, dapat tenang, lisan terjaga, dan istiqamah dalam beribadah, disamping itu melalui tadarus Al- Quran siswa siswi dapat tumbuh sikap- sikap luhur sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Mata pelajaran Al- Quran Hadits merupakan unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah yang memberikan pendidikan kepada peserta didik untuk memahami dan mencintai Al- Quran dan Hadits sebagai sumber ajaran Islam dan mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupannya sehari-hari.Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kegiatan tadarus Al- Quran berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, dan untuk mencapai prestasi belajar tersebut siswa harus memiliki motivasi yang tinggi dalam dirinya. Tadarus Al- Quran diharapkan dapat mempengaruhi dan memberikan sentuhan tersebut, yaitu menumbuhkan atau meningkatkan motivasi belajar siswa untuk selalu merasa tertarik, senang, dan selalu aktif dalam mengikuti mata pelajaran Al- Quran Hadits. Konsekuensi logisnya motivasi belajar pun dapat bertambah dan meningkat karena dimulai dengan tadarus Al- Quran. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017?. Sedangkan sub pokok masalahnya adalah: 1) Adakah pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017? 2) Adakah pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017? Berangkat dari masalah di atas, maka tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017. Sedangkan tujuan khusus yang akan dicapai adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017. 2) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/ 2017. viii Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut: 1) observasi, 2) interview, 3) angket, 4)dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Chi Kuadrat, yaitu: ∑ ix Berdasarkan hasil analisis Contingency coefficient (koefisien kontingensi) diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Diperoleh X 2 hitung > X 2 tabel atau 10,208 > 3,841 yang berarti H a diterima dan H ditolak, artinya ada pengaruh antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya maka dapat diuji dengan rumus koefisien kontingensi, dan diperoleh nilai C= 0,510 kemudian nilai tersebut dihitung dengan niali C 0 maks dan diperoleh nilai 0.721 C . Nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai C, maka termasuk kategori tinggi . maks Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang tinggi antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Diperoleh X 2 hitung > X 2 tabel atau 10,075 > 3,841 yang berarti H a diterima dan H ditolak, artinya ada pengaruh antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya maka dapat diuji dengan rumus koefisien kontingensi, dan diperoleh nilai C= 0,507 kemudian nilai tersebut dihitung dengan niali C maks dan diperoleh nilai 0.718 C . Nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai C, maka termasuk kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang tinggi antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran2016/2017. 3) Diperoleh X 2 hitung > X 2 tabel maks atau 4,441 > 3,841 yang berarti H a diterima dan H ditolak, artinya ada pengaruh antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya maka dapat diuji dengan rumus koefisien kontingensi, dan diperoleh nilai C= 0,364 kemudian nilai tersebut dihitung dengan niali C 0 maks dan diperoleh nilai 0.515 C . Nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai C, maka termasuk kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sedang antara pembiasaan tadarus Al- Quran terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: TADARUS AL- QURAN, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 19 Sep 2017 00:38
Last Modified: 19 Sep 2017 00:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item