Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Map untuk Bahan Ajar Kelas VII SMP/MTs Pada Materi Kalor dan Perpindahnnya

Nugraeni, Andalia Arista (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Map untuk Bahan Ajar Kelas VII SMP/MTs Pada Materi Kalor dan Perpindahnnya. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REVISI GOAL watermark.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Modul Pembelajaran IPA berbasis Mind Map merupakan salah satu bentuk
bahan/produk ajar yang dapat menciptakan peserta didik belajar mandiri, dengan
begitu dapat mengetahui seberapa maksimal penguasaan Materi terhadap mata
pelajaran yang diajarkan. Pengembangan bahan/produk ini didasarkan pada
kurangnya Bahan Ajar di SMP/MTs dan masih minimnya penggunaan teknologi
informasi. Dengan adanya bahan/produk ajar ini dapat memudahkan siswa
sebagai buku pendamping atau buku saku yang dapat digunakan untuk belajar dan
bisa dibawa kemana- mana tanpa harus membeli buku.
Tujuan pengembangan yang ingin dicapai oleh peneliti 1)
Mendeskripsikan validasi Modul Pembelajaran IPA berbasis Mind Mapp pada
materi Kalor dan Perpindahannya pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 2
Banyuwangi 2) Mendeskripsikan tanggapan/respon peserta didik terhadap media
pembelajaran modul berbasis Mind Mapp pada materi Kalor dan Perpindahannya.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembagan
(Research and Development ). Model penelitian dan pengembangan yang
digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define, Design,
Development, and Dissemination dimana tahap Dissemination tidak dilakukan.
Subjek penelitian melibatkan salah satu ahli materi, satu ahli media, satu guru IPA
sebagai pengguna,dan 22 siswa di MTs Negeri 2 Banyuwangi.
Wujud bahan ajar/produk modul pembelajaran IPA berbasis Mind Map
berikut dengan cara penggunaannya telah dideskripsikan didalam penelitian ini. 1)
Pada media ini, aspek materi dinilai layak (90%), aspek media (91,125%), aspek
pengguna guru IPA dinilai layak (86%). 2) Siswa merespon bahwa media ini
sangat menarik 86,83% dan sangat membantu dalam pembelajaran IPA pada
materi kalor dan perpindahannya.

Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Mind Map, Kalor dan Perpidahannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020302 Electrostatics and Electrodynamics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020304 Thermodynamics and Statistical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Andalia Arista Nugraeni
Date Deposited: 19 May 2022 03:01
Last Modified: 19 May 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item