Analisis Perubahan Strategi Penjualan Pasar Tradisional Di Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang pada Masa Pandemi Covid-19

Nur Wachidah, Anisa (2022) Analisis Perubahan Strategi Penjualan Pasar Tradisional Di Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_ANISA_NUR_WACHIDAH__NIM._E20172185 NEW watrmark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anisa Nur Wachidah,Ana Pratiwi, 2021: Analisis Perubahan Strategi Penjualan Pasar Tradisional Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang Pada Masa Pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Pasar tradisional, perubahan strategi

Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, setiap manusia memerlukan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti halnya membangun bisnis perdagangan di pasar.
Sedangkan pasar adalah area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut pusat pembelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plasa,pusat perdagangan maupun sebutan lainya. Pasar berdasarkan mutu pelayanannya dapat dibagi menjadi dua yaitu pasar modern dan pasar tradisional.
Pada awal Maret 2020 Indonesia digegerkan dengan virus yang bernama Covid-19. Covid-19 adalah virus menular yang baru-baru ini ditemukan dan sampai saat ini tetap adanya. Tentunya hal ini berpengaruh dengan pendapatan yang mereka peroleh yang awalnya pendapatan yang mereka dapat dari melakukan tatap muka sebelum adanya pandemi Covid-19, strategi penjualan yang awalnya berinteraksi langsung dengan pelanggan dibatasi dan pelanggan semakin banyak yang menggunkan transaksi online. Transaksi online yaitu meng- online - kan bahan bahan pokok, seperti, sayur mayur, ikan dan sembako, melalui media whatshapp, Facebook, dan lain-lain.
Tujuan penelitan ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi perubahan penjualan pasar tradisional di Kaliboto Lor Jatiroto Lumajang pada masa pandemi Covid -19. Teori yang di gunakan untuk penelitian ini terdiri dari duayaitu menggunakan teori strategi penjualan dan menggunakan teori pasar tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatanpenelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftif, adapun lokasi yang dijadikan penelitian adalah Pasar tradisional Desa Kaliboto Lor Jl. Krajan 1 Jatiroto Lumajang. Subyek penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampling sumber data dengan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data yang akan diolah dan dianalisis dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Perubahan strategi penjualan pasar tradisional Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang pada masa pandemi Covid-19 adalah ada sebagian pedagang yang merubah strategi penjualanya, dari yang awalnya bertatap muka di ganti dengan strategi penjualan secara online, ada yang mengnggap strategi online adalah strategi yang relevan dipakai pada masa pandemic Covid - 19 seperti ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisa Nur Anisa Nur Wachidah Anisa
Date Deposited: 19 May 2022 03:40
Last Modified: 19 May 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item