Optimalisasi sistem manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan diseksi pendidikan madrasah (pendma) kementrian agama kabupaten jember.

Moh Agus Salim, - (2021) Optimalisasi sistem manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan diseksi pendidikan madrasah (pendma) kementrian agama kabupaten jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Manajemen Dakwah.

[img] Text
MOH AGUS SALIM_D20154005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moh Agus Salim, Dr. Misbahul Munir M.M , 2020: Optimalisasi sistem manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan diseksi pendidikan madrasah (pendma) kementrian agama kabupaten jember. Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan oleh para manajer. Salah satu informasi manajemen dalam organisasi adalah sebagai pelayanan ataupun pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas layanan. Dalam hal ini pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) khususnya dibidang pelayanan pendidikan di seksi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Jember mempunyai aplikasi yang bernama SIMPATIKA (Sistem Infomasi dan Manajemen pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Kementrian Agama). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran pegawai dalam optimalisasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di Seksi Pendma Kementrian Agama Kabupaten Jember. 2) Bagaimana optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di seksi PENDMA Kementrian Agama Kabupaten Jember: 3) Apa saja upaya yang telah dilakukan optimalisasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di seksi PENDMA Kementrian Agama Kabupaten Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Peran pegawai dalam optimalisasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di Seksi Pendma Kementrian Agama Kabupaten Jember. 2) Pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di Seksi Pendma Kementrian Agama Kabupaten Jember. 3) Upaya yang telah dilakukan optimalisasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di Seksi Pendma Kementrian Agama Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informen dalam dalam penelitian ini menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa seksi pendidikan madrasah (PENDMA) sudah optimal dalam menerapkan pelayanan terbukti dari fenomena dan hasil temuan observasi penulis saalah satunya dengan menerapkan pelayanan terpadu untuk menjaadikan pelayanan yang baik bagi pelanggaan. Seksi pendma menggunakan aplikasi yang bernama SIMPATIKA untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan dengan ini pelanggan ataupun masayarakat bisa lebih mudah dan bisa mendengar informasi dari seksi Pendidikan madrasah kementrian agama kabupaten jember. Dalam mengoptimalkan sisitem informasi manajemen dengan berperan sebagai pembantu semua yang datang dengan cara menyambut ramah, dengan demikian terbukti bahwa fenomena, hasil penelitian dan hasil teman observasi penulis salah satunya yaitu dengan meneraapkan pelayanan yang baik antara pegawai dan pelanggan. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen , pegawai/karyawan, konsumen atau pelangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 20 May 2022 02:52
Last Modified: 20 May 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item