Surya Perdana Putra, - (2021) Strategi Pemasaran Pada Produk Umroh Al-Hasanah Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
SURYA PERDANA PUTRA_E20171065.pdf Download (27MB) |
Abstract
Surya Perdana Putra, M.F Hidayatullah, S.H.I., M.S.I 2021: Strategi Pemasaran Pada Produk Umroh Al-Hasanah Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah. Kata Kunci: strategi pemasaran, bauran pemasaran. Sebagai salah satu lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan sistem syariah, BMT mempunyai peluang untuk berkembang dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Keberadaan BMT diharapkan dapat membawa perubahan pada sistem ekonomi masyarakat lebih baik lagi. Dengan hal tersebut, BMT diharuskan memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat memperoleh share pasar yang luas, serta mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Adapun fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah pada produk umroh alhasanah? 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk umroh al-hasanah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah? 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk umroh al-hasanah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan tentang strategi pemasaran yang diterapkan pada produk umroh al-hasanah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah. 2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk umroh al-hasanah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah. 3) Mendeskripsikan tentang solusi mengatasi kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk umroh al-hasanah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu prosedur dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, dimana dalam penelitian datanya tidak hanya sekali, namun berulang kali sampai data yang diterima dirasa cukup kredibel. Berdasarkan hasil temuan data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jenggawah dalam memasarkan produk umroh al-hasanah adalah dengan menggunakan bauran pemasaran 7P, yang meliputi product, price, place distribution, promotion, people, physical evidence, dan process. Adapun promosi yang digunakan adalah dengan membagikan brosur sesuai dengan target yang dituju, bekerja sama dengan tokoh-tokoh yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat setempat, dari mulut ke mulut antara anggota yang sudah menjadi nasabah, dan promosi secara online melalui media sosial setiap karyawannya. 2) Kendala dalam proses pemasaran produk umroh al-hasanah adalah persaingan antara lembaga keuangan lainnya yang semakin ketat dan mempunyai produk simpanan sama, kurangnya SDM yang dimiliki oleh BMT dalam pemasaran, kurangnya kepercayaan masyarakat atas keberadaan BMT. 3) Adapun solusi mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk umroh alhasanah pihak BMT berupaya untuk menambah sumber daya manusia yang berkompeten, membuat inovasi pada produk serta meningkatkan pelayanan, dan membangun komunikasi yang efektif dengan calon nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 20 May 2022 07:28 |
Last Modified: | 20 May 2022 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6585 |
Actions (login required)
View Item |