“Inovasi Pemasaran Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Masa Pandemi Covid-19 di Asta Tinggi Sumenep”.

Taufikurrahman, - (2021) “Inovasi Pemasaran Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Masa Pandemi Covid-19 di Asta Tinggi Sumenep”. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah..

[img] Text
Taufikurrahman_E20172072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Taufikurrahman, M.F Hidayatullah, M.S.I, 2021 : “Inovasi Pemasaran Pariwisata dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan pada Masa Pandemi Covid-19 di Asta Tinggi Sumenep”. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi suatu wilayah jika dikelola dengan baik. Namun pandemi covid-19 menyebabkan sektor wisata mengalami kemunduran karena pandemi ini mengharuskan kita untuk mengurangi mobilitas sosial guna mencegah penyebaran virus yang saat ini sudah menjadi pandemi. Sektor pariwisata harus melakukan inovasi-inovasi pemasaran agar bisa kembali bangkit dan membantu mempercepat pemulihan ekonomi. Begitu pula dengan Asta Tinggi Sumenep yang harus melakukan beberapa inovasi pemasaran untuk meningkatkan kembali jumlah kunjungan yang sempat merosot karena adanya pandemi ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana inovasi pemasaran wisata yang dilakukan Asta Tinggi Sumenep untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19? (2) Bagaimana implikasi dari inovasi pemasaran wisata Asta Tinggi Sumenep untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui inovasi pemasaran wisata yang dilakukan Asta Tinggi Sumenep untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19 (2) Untuk mengetahui implikasi dari inovasi pemasaran wisata Asta Tinggi Sumenep untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif dan menggunakan teknik triangulasi sumber untuk mengetahui keabsahan data, tahap-tahap penelitian dimulai dari tahap pra-lapangan, tahap memasuki lapangan dan yang terakhir adalah tahap menganalisis data, sedangkan untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan menggunakan teknik triangulasi sumber untuk mengetahui keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Asta Tinggi melakukan inovasi pemasaran pada lima unsur bauran pemasaran wisata yaitu inovasi produk, inovasi promosi, inovasi Sumber Daya Manusia (SDM), inovasi bukti fisik dan inovasi proses. (2) Inovasi pemasaran yang dilakukan Asta Tinggi berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid- 19, dari 19.100 pengunjung pada bulan April 2020 lalu menurun menjadi 1.060 pengunjung karena adanya covid-19 pada bulan Mei 2020 namun sedikit demi sedikit berhasil mengalami peningkatan hingga bisa mencapai jumlah 4.108 pengunjung pada bulan Februari 2021. Kata Kunci : inovasi pemasaran, pemasaran pariwisata, jumlah kunjungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 May 2022 07:41
Last Modified: 20 May 2022 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item