Implementasi Media Pembelajaran Realia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

Wildah Al Aluf, Wildah Al Aluf (2022) Implementasi Media Pembelajaran Realia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILDAH AL ALUF T20154044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media realia dalam kegiatan pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. Siswa bisa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mempartinggi hasil belajar terutama pada aspek kognitif (pengetahuan) siswa, terlebih lagi pada pembelajaran tematik yang mana merupakan pembelajaran terpadu yang menggabungkan beberapa pokok bahasan dari mata pelajaran yang berbeda. Guru Kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum, memilih menggunakan media pembelajaran Realia untuk digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dikelas tersebut, media yang digunakan berupa benda asli maupun replika yang dibuat oleh guru. Tujuan dalan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaa media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif lapangan dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penlitian: (1) Perencanaan media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa melalui enam tahapan. Pertama mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, kedua merumuskan tujuan pembelajaran, ketiga membuat rangkuman materi, keempat menulis naskah media pembelajaran, kelima mengadakan tes dan revisi. (2) Pelaksanaan media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa, pertama guru mempelajari petunjuk penggunaan media, kedua seluruh peralatan harus dalam keadaan siap agar tidak terganggu oleh hal-hal yang bersifat teknis, dan menjaga agar siswa tetap kondusif selama kegitan pembelajaran berlangsung. (3) Evaluasi media pembelajaran realia dalam meningkatkan hasil belajar tematik siswa adalah pertama, media pembelajaran sudah relevan dengan KD dan indikator, kedua media pembelajaran sesuai dengan estimasi waktu dan tugas sesuai yang tertera dalam buku Bupena, ketiga media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, keempat media pembelajaran sudah sesuai dengan perkembangan zaman / terupdate. Para siswa mampu membuktikan bahwa mereka dapat melakukan perubahan dari segi pengetahuan di sekolah. Berdasarkan aspek kriteria penilaian Tematik yakni spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, para siswa kelas VI-A MIMA 35 Nurul Ulum Ambulu Jember telah mencukupi bahkan melampaui standar penilaian sesuai KKM yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Wildah Al Aluf Sukandar
Date Deposited: 24 May 2022 00:43
Last Modified: 24 May 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item