Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pondok Pesantren di Sekolah Menengah Atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021-2022

Ahmad Sodiq, Fajar (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pondok Pesantren di Sekolah Menengah Atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAJAR AHMAD SODIQ_T20181498.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menuntut setiap individu untuk mampu berkecimbuk di dalamnya, begitu pula dewasa ini banyak dijumpai peserta didik yang nilai akademis agamanya tinggi akan tetapi dalam segi pengimplementasiannya masih kurang. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memadukan antara kedua pemahaman tersebut, yaitu pemahaman teknologi informasi dan juga pemahaman agama. Salah satu sekolah yang menerapkannya adalah SMA Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?. 2) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?. 3) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren di sekolah menengah atas Raudlatussalam Glenmore Banyuwangi tahun pelajaran 2021-2022 ?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data: 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milled dan Huberman yaitu 1) kondensasi data 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di SMA Raudlatussalam menerapkan sistem pendidikan Mu'alimin, yaitu perpaduan dari sistem pesantren dan sistem sekolah nasional yang di integrasikan secara total, harmonis, dan komprehensif sehingga menjadi sistem pendidikan yang baru dan unggul. Dalam proses perencanaan pembelajaran di SMA Raudlatussalam mengadopsi sebagian dari kurikulum madrasah Aliyah (MA), Dan memfokuskan materi PAI kedalam materi khusus yaitu adanya materi Ubudiyah. Dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Raudlatussalam sebagai pendahuluan diawali dengan membaca surat-surat pendek dalam Al Qur'an dan/atau membaca kitab kuning yang disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Dalam segi evaluasi pembelajaran di SMA Raudlatussalam mengarah pada tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Depositing User: Fajar Ahmad Sodiq
Date Deposited: 24 May 2022 07:09
Last Modified: 24 May 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item