Alifia, Miftakhul (2022) Implementasi Model Bisnis Bank Wakaf Mikro (BWM) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Sekitar Pesantren Di Bank Wakaf Mikro Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Shiddiq Jember.
Text
Miftakhul Alifia_E20184035.pdf Restricted to Registered users only until 5 April 2025. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Miftakhul Alifia, M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2022: Implementasi Model Bisnis Bank Wakaf Mikro (BWM) dalam Pemberdayaan Ekonomi sekitar Pesantren di Bank Wakaf Mikro Al-Falah, Karangaharjo, Silo, Kabupaten Jember.
Bank Wakaf Mikro (BWM), merupakan bagian dari LKM Syariah, diharapkan dapat mengurangi kesenjangan sosial dan kemiskinan yang terjadi di masyarakat. BWM di Kecamatan Silo ini merupakan wajah baru LKM Syariah. Oleh sebab itu sangat menarik diketahui lebih dalam terkait model bisnis dan pemberdayaan ekonomi dalam BWM Al-Falah, yang keberadaannya diyakini dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, khususnya pelaku UMKM akan mendapatkan kemudahan akses permodalan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model bisnis Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana implementasi model bisnis dalam pemberdayan ekonomi sekitar pesantren di Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui model bisnis Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui implementasi model bisnis dalam pemberdayaan ekonomi sekitar pesantren di Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualiatatif deskripstif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Model bisnis pada BWM Al-Falah telah menerapkan model bisnis canvas, diantaranya: a) Customer segment, masyarakat miskin produktif yang telah memiliki usaha. b) Value propositions, pembiayaan tanpa agunan, imbal hasil rendah, dan diberikan pemberdayaan. c) Channels, sosialisasi, mouth to mouth, what’s apps grub, dan BWM halaqoh. d) Customer relationship, pembiayaan berbasis kelompok. e) Key resources, 13 SDM, komputer, printer, internet. f) Key activities, terdapat enam aktivitas utama BWM g) Key partnership, donatur, LAZNAS BSM Umat, OJK, BSI dan Pesantren. h) Revenue stream, keseluruhan modal dari LAZNAS BSM Umat. i) Cost Structure, penyaluran dana hibah dari LAZNAS BSM Umat kepada masyarakat miskin produktif. 2) Implementasi model bisnis dalam pemberdayaan ekonomi yaitu, menerapkan kondisi bantuan modal, bantuan pembangunan prasarana, bantuan pendampingan dan penguatan kelembagaan sebelum dan sesudah adanya model bisnis canvas BWM Al-Falah.
Kata kunci: Model Bisnis, Pemberdayaan Ekonomi, Bank Wakaf Mikro
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | Ms Miftakhul Alifia |
Date Deposited: | 24 May 2022 07:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |