Roiyani, Annisa Aliffia (2022) implementasi model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) kelas VII SMPN 1 Prambon Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Annisa Aliffia Roiyani_T20181080.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Annisa Aliffia Roiyani. 2022. Implementasi model pembelajaran inquiry learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) kelas VII SMPN 1 Prambon Sidoarjo 2021/20022
Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Inquiry Learning, dan Mata Pelajaran PAI dan BP
Model pembelakaran Inquiry merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan pada suat permasalahan yang diberikan, sehingga perlu model pembelajaran inquiry learning perlu diterapkan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Melihat peserta didik SMPN 1 Prambon yang terbiasa dengan lingkungan yang begitu keras akan kenakalan remajanya. Maka dari itu peserta didik dilatih untuk aktif dan berfikir secara kritis melalui implementasi model pembelajaran inquiry learning.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah:1) Bagaimana implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap persiapan dalam pemebalajaran PAI kelas VII SMPN 1 Prambon? 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap pelaksanaan dalam pemebalajaran PAI kelas VII SMPN 1 Prambon ? 3) Bagaimana implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam pemebalajaran PAI kelas VII SMPN 1 Prambon ? .
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap persiapan dalam pembelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Prambon. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap pelaksanaan dalam pemebalajaran PAI kelas 7 SMPN 1 Prambon 3) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inquiry learning pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam pemebalajaran PAI kelas VII SMPN 1 Prambon
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi non partisipan, wawancara tersetruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah model Miles dan Huberman mulai dari kondensasi data dan penyajian data. Keabsahan dari penelitian ini mrnggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah:1) Persiapan model pembelajaran Inquiry learning pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Prambon Sidoarjo sub materi yang sesuai untuk diterapkan model pembelajaran inquiry learning a) memberikan penguatan pada siswa; b) mengidentifikasi topik c) merumuskan stimulasi yang di berikan kepada siswa; d) menentukan aneka sumber belajar yang ada di sekolah; e) mengidentifikasi sarana dan prasarana; f) mengintraksikan langkah-langkah (sintaks) model pembelajaran inquiry learning.; 2) Pelaksanaan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Prambon Sidoarjo dengan melakukan beberapa langkah yaitu: a) Orientasi; b) Merumuskan Masalah; c) Membuat Hipotesis; d) Mengumpulkan data; e) Menguji hipotesis; f) dan Merumuskan kesimpulan.; 3) Evaluasi dan tindak lanjut dari model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran Pendidikan Agma Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di SMPN 1 Prambon Sidoarjo digunakan oleh guru SMPN 1 Prambon Adalah : a) simulasi dan latihan Materi; b) menilai kompetensi siswa; c) Menilai Keaktifan Siswa; d) Merivew dan merangkum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Annisa Aliffia Roiyani |
Date Deposited: | 27 May 2022 03:10 |
Last Modified: | 27 May 2022 03:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6665 |
Actions (login required)
View Item |