MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PERMAINAN PESAN BERBISIK PADA KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA 02 TEGALWANGI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sholikhah, St. (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PERMAINAN PESAN BERBISIK PADA KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA 02 TEGALWANGI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
St. Sholikhah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan bahasa. Ketika anak-anak berinteraksi dengan orang lain, anak-anak sekaligus akan belajar tentang bahasa, namun bahasa yang digunakan sering kali tidak tepat. Bermain adalah karakteristik anak usia dini. Permainan pesan berbisik merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa. Pada Kelompok A di RA Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan bahasanya masih belum sesuai dengan standar
tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya siswa yang berinteraksi menggunakan bahasa Indonesia disertai bahasa daerah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya? 2) Bagaimana
langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, dan hasilnya.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskritif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)Langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
adalah melalui kegiatan menyimak perkataan orang lain dengan menggunakan satu kata, dua kata, tiga kata, dan empat kata. Dan hasilnya adalah dari 21 anak terdapat 4 anak berkembang sangat baik, 13 anak berkembang sesuai harapan, dan 4 anak mulai berkembang. 2) Langkah-langkah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui permainan pesan berbisik pada kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida 02 Tegalwangi, Umbulsari, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui kegiatan mengulang kalimat sederhana dengan menggunakan satu kata, dua kata, tiga kata, dan empat kata. Dan hasilnya adalah dari 21 anak terdapat 5 anak berkembang sangat baik, 13 anak berkembang sesuai harapan, dan 3 anak mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Jember
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:20
Last Modified: 22 Jun 2020 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item