PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL PADA KELOMPOK A DI RAUDHATUL ATHFAL FATAHILLAH SUKOJEMBER JELBUK JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Imamah, Nur (2019) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL PADA KELOMPOK A DI RAUDHATUL ATHFAL FATAHILLAH SUKOJEMBER JELBUK JEMBER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
imamah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 1 menerangkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sprituaal keagamaan, pengendalian diri dan kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat, bangsa dan Negara. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan linguistik diantaranya; membangun kemampuan keaksaraan awal pada anak melalui bermain dengan menyediakan alat tulis di setiap kegiatan pada setiap harinya, mengajak anak membaca buku, bermain kartu huruf, memancing huruf namanya, mencetak huruf-huruf.
Fokus penelitian, metode bercerita yang bagaimana yang dapat
meningkatkan kecerdasan Linguistik-Verbal (Mendengar) pada kelompok A di Raudhatul Athfal Fatahillah, Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Metode Bercerita yang bagaimana yang dapat meningkatkan kecerdasan Linguistik-Verbal (Berbicara) pada kelompok A di Raudhatul Athfal Fatahillah, Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Metode Bercerita dapat
Meningkatkan Kecerdasan Linguistik-Verbal (Mendengar) pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Fatahillah Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui Metode Bercerita dapat Meningkatkan Kecerdasan Linguistik-Verbal (Berbicara) pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Fatahillah Sukojember, Jelbuk, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis Kecerdasan linguistik verbal (mendengar dan berbicara) kelompok A melalui metode bercerita di Raudhatul Athfal Fatahillah Sukojember, Jelbuk, Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan linguistik verbal kelompok A di Raudhatul Athfal Fatahillah Sukojember, Jelbuk, Jember dapat ditingkatkan melalui metode bercerita. Langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kecerdasan linguistik verbal meliputi; kegiatan bercerita lebih difokuskan pada keterlibatan yang interaktif atau guru mengajak anak untuk aktif dalam kegiatan bercerit, menguasai metode bercerita, memberi kesempatan pada anak untuk merespon setelah kegiatan usai dengan menggunakan bahasa mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Jember
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:34
Last Modified: 22 Jun 2020 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item