Faizatul Muflihah, - (2021) Preferensi Penggunaan Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Di Salon Pricyllia Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
Text
Faizatul Muflihah_E201172040.pdf Download (5MB) |
Abstract
Faizatul Muflihah, Nikmatul Masruroh, S.H.I.M.E.I 2021: Preferensi Penggunaan Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Di Salon Pricyllia Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Preferensi yang berarti minat atau kesukaan, kata arti atau pengganti. preferensi atau minat merupakan motivasi yang mendorong orang untuk melakukannya yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Setiap minat akan memuaskan suatu kebutuhan. Peredaran kosmetik yang tidak memenuhi persyaratan saat ini dilihat semakin menghawatirkan. Akibat maraknya kosmetik palsu ataupun kosmetik berbahaya yang beredar di pasaran tadi memunculkan keresahan para konsumen akan produk kosmetik yang digunakannya, sehingga banyak para konsumen yang beralih menggunakan produk kosmetik berlabel halal yang sudah teruji klinis dan mendapat sertifikat dari BPOM maupun MUI. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana preferensi penggunaan kosmetik berlabel halal oleh konsumen salon Pricyllia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? 2) Apa faktor-faktor yang menentukan preferensi kosmetik berlabel halal oleh konsumen salon Pricyllia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember? Tujuan penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui preferensi penggunaan kosmetik berlabel halal oleh konsumen salon Pricyllia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, 2) Untuk mengetahui faktorfaktor yang menentukan preferensi penggunaan kosmetik berlabel halal oleh konsumen salon Pricyllia di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya deskriptif. Lokasi penelitian ini di salon Pricyllia Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan atau kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah:1. Dalam memilih produk kosmetik konsumen selalu memperhatikan prinsip pilihan rasional, para konsumen mengaplikasikannya secara maksimal, 2. Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor pribadi/gaya hidup. Kata Kunci: Preferensi, Penggunaan Kosmetik, Berlabel Halal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:56 |
Last Modified: | 27 May 2022 09:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6759 |
Actions (login required)
View Item |