Avrina Nur Azizah, - (2021) Analisis Sharia Compliance Pada Penerapan Strategi Word Of Mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
Avrina Nur Azizah_E20171013.pdf Download (2MB) |
Abstract
Avrina Nur Azizah, Nikmatul Masruroh, M.E.I, 2021: Analisis Sharia Compliance Pada Penerapan Strategi Word Of Mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember. Word of mouth adalah komunikasi lisan, tertulis dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa. Sharia compliance adalah bagian penting bagi industri keuangan syariah dalam segi pengelolaan (manajemen) maupun operasionalnya. Hal itu didukung dengan mengharuskan keberadaan Dewan Pengawas Syariah (DPS) bagi setiap institusi keuangan berbasis syariah. Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan strategi word of mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember?. 2). Bagaimana analisis sharia compliance pada penerapan strategi word of mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui penerapan strategi word of mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember. 2). Untuk menjelaskan analisis sharia compliance pada strategi word of mouth di BPRS Asri Madani Nusantara Jember. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, penerapan word of mouth yang dilakukan di BPRS Asri Madani Nusantara adalah dengan memperhatikan dan melaksanakan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk word of mouth dapat menyebar yaitu dengan memperhatikan pembicara atau seseorang yang melaksanakan word of mouth, topik pembicaraan yakni informasi-informasi yang disebarluaskan, alat dalam pelaksanaan word of mouth, adanya partisipasi dari perusahaan seperti layanan pengaduan dan partisipasi berjalannya word of mouth, dan pengawasan baik dari perusahaan maupun Dewan Pengawas Syariah (DPS). Kedua, pelaksanaan strategi word of mouth di BPRS Asri Madani Nusantara memperhatikan prinsip kepatuhan syariah atau sharia compliance dengan memperhatikan indikator-indikator yang dijadikan sebagai patokan yang akan menjadi nilai terciptanya suatu word of mouth yang positif yaitu akad produk penghimpunan dan penyaluran dana sesuai prinsip syariah, perhitungan dan pembayaran dalam pengelolaan zakat, seluruh aktivitas transaksi ekonomi dilaporkan sesuai standart syariah yang berlaku, lingkungan kerja dan corporate culture sesuai dengan syariah, bisnis usaha penerima dana tidak bertentangan dengan syariah, terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS), sumber dana berasal dari dana yang sah dan halal menurut syariah. Kata Kunci: Pemasaran, Sharia Compliance, Word Of Mouth
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:57 |
Last Modified: | 27 May 2022 09:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6760 |
Actions (login required)
View Item |