Dika Rohmatu Yahya, - (2021) Strategi Pemasaran Pembiayaan Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
Dika Rohmatu Yahya_E20171119.pdf Download (42MB) |
Abstract
Dika Rohmatu Yahya, M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I 2021: Strategi Pemasaran Pembiayaan Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember Di Masa Pandemi Covid. PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk merupakan suatu perusahaan yang bergerak disektor pembiayaan konsumen, PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk hadir untuk melayani beragam pembiayaan seoerti kendaraan bermotor baik baru maupun bekas. Lembaga ini menyalurkan dananya kepada nasabah dalam bentuk kredit. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan kendaraan bermotor dalam meningkatkan jumlah nasabah pada masa pandemi covid di PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember? 2) Apa saja kendala yang dihadapi PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan kendaraan bermotor pada masa pandemi covid? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan kendaraan bermotor dalam meningkatkan jumlah nasabah di masa pandemi covid. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan kendaraan bermotor di masa pandemi covid. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan penelitian subyek menggunakan teknik purposive, kemudian teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember yaitu menggunakan strategi bauran pemasaran 7P yang meliputi produk (product, harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bentuk fisik (physical evidence) 2) Kendala yang dihadapi oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Jember yaitu ada dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Kendala dari faktor internal yaitu kurang maksimalnya karyawan dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan kendala dari faktor eksternal yaitu dikarenakan efek dari masa covid sendiri, yang menyebabkan menurunnya ekonomi masyarakat yang menjadikan minat nasabah untuk membeli ikut turun, dan juga kendala yang dihadapi yaitu pada masa pandemi ini kegiatan pemasaran hanya dilakukan dengan media online saja. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Kendaraan Bermotor, Covid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:57 |
Last Modified: | 27 May 2022 09:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6761 |
Actions (login required)
View Item |